Kamis, 07 Feb 2019 06:59 WIB

Review

Mi 8 Lite: Padukan Kinerja dan Harga yang Oke

Adi Fida Rahman - detikInet
1 Layar Lega
Halaman 2 dari 5
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Ada harga, ada rupa. Ya dengan harga Rp 3 juta, kita tidak bisa menikmati sajian warna yang begitu memanjakan mata di layar AMOLED seperti punya Mi 8. Xiaomi menggunakan panel IPS LCD dengan resolusi Full HD+.

Pun begitu, kualitas layar ponsel ini tidak lantas jelek. Tetap enak menikmati konten di dalamnya. Apa lagi bezel yang dibuat tipis membuat layar terasa lapang. Kamu yang suka streaming video atau bermain game akan terpuaskan.

Xiaomi menempatkan notch di bagian atas. Bila terasa mengganggu pandangan mata, pengguna dimungkinkan menyembunyikannya dengan melakukan pengaturan terlebih dulu.

MIUI 10

Tampilan iklan di MIUI 10Tampilan iklan di MIUI 10 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Mi 8 Lite telah menjalankan MIUI 10 berbasis Android Oreo. Menawarkan cara navigasi yang berbeda dari sebelumnya, dibuat serba swipe. Alhasil mengoperasikan dengan satu tangan cukup mudah.

Keluhan hanya terkait banyaknya aplikasi bawaan yang sudah terinstal. Untungnya, pengguna bisa menghapusnya. Tapi yang paling menjengkelkan adalah kemunculan iklan saat membuka sejumlah aplikasi.

Hal inilah yang membuat banyak pengguna Xiaomi geram. Mereka merasa sudah mengeluarkan uang, tapi ponsel yang dibeli dibanjiri iklan. Ini menjadi pekerjaan rumah bagi Xiaomi, bagaimana mereka bisa meraup tambahan pendapatan tanpa mengurangi kenyamanan pengguna.

Mungkin bisa mencontoh Amazon. Mereka menjual Kindle dalam dua versi, beriklan atau tidak. Jadi, Kindle yang tidak menampilkan iklan dibanderol sedikit lebih tinggi.

(afr/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed