7 Hal Tentang Galaxy Note 9 yang Kalian Belum Tahu - Halaman 8

7 Hal Tentang Galaxy Note 9 yang Kalian Belum Tahu

Lucky Sebastian - detikInet
Selasa, 21 Agu 2018 14:55 WIB
7 Hal Tentang Galaxy Note 9 yang Kalian Belum Tahu
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Di masa depan, kita berharap hanya butuh satu perangkat digital untuk membantu kita mengerjakan segala sesuatu. Sekarang ini kita masih terbagi, butuh smartphone, laptop atau PC, dan terkadang tablet.

Sejak Galaxy S8, fungsi desktop experience ini diperkenalkan, dengan bantuan alat berupa docking station yang dinamakan DeX.

Dengan fitur ini, smartphone bisa dihubungkan ke layar lebih besar seperti monitor komputer atau LCD TV untuk bekerja layaknya PC, dengan tampilan desktop PC dan fungsi mirip PC yang tidak dipunya smartphone.

Fungsi desktop experience ini berbeda dengan fitur mirroring yang bisa dilakukan hampir setiap smartphone Android.

Fitur Dex mengalami kemajuan setiap Samsung merelease flagship yang baru. Pada Galaxy Note 9, fungsi DeX ini tidak membutuhkan lagi docking station, cukup hanya kabel HDMI to USB type C yang banyak dijual bebas. Saat disambungkan, fungsi ini langsung bekerja tanpa ada jeda loading.

Foto: Lucky Sebastian/detikINET

Secara fitur, DeX pada Galaxy Note 9 bisa digunakan untuk bekerja sekaligus entertainment. Untuk bekerja layaknya dengan laptop, layar Galaxy Note 9 bisa dijadikan touchpad dan keyboard, atau kalau lebih serius kita bisa menyambungkannya dengan mouse dan keyboard Bluetooth.

Presentasi akan sangat mudah dengan cara ini, tanpa harus menggunakan laptop. Cukup hubungkan Galaxy Note 9 dengan kabel HDMI ke layar besar atau proyektor dan gunakan S-Pen sebagai clicker.

Saat bekerja dengan DeX, layar smartphone juga bisa difungsikan sebagai smartphone dan menjalankan aplikasi lain secara terpisah, jadi seolah-olah kita memiliki dua perangkat berbeda yang sedang bekerja bersamaan. Misalnya di layar besar kita sedang bekerja dengan excel, sementara smartphone menjalankan fungsi kalkulator, atau membaca catatan penting.

Foto: Lucky Sebastian/detikINET

Fitur DeX di Galaxy Note 9 ini semakin komplit karena Galaxy Note 9 memiliki S-Pen. Dengan bantuan S-Pen layar Note 9 bisa dijadikan layaknya digitizer termasuk untuk menulis pada layar besar.

Pada Galaxy Note 9, disertakan juga fitur Samsung Dex Lab, fitur ini jika diaktifkan akan membuat aplikasi-aplikasi yang sebelumnya tidak dibuat untuk layar besar menjadi kompatibel dengan layar besar.

Misalnya kita ingin menyaksikan streaming Netflix di layar televisi, sekarang bisa dilakukan dengan mengaktifkan DeX Lab ini, atau ingin bermain game di layar yang lebih besar tanpa harus memiliki konsol game.


*Reviewer adalah Lucky Sebastian, seorang arsitek yang sangat hobby dengan gadget sejak tahun 1998. Dia kini lebih dikenal sebagai pengamat gadget.



(rns/rou) (rns/rou)