7 Hal Tentang Galaxy Note 9 yang Kalian Belum Tahu - Halaman 6

7 Hal Tentang Galaxy Note 9 yang Kalian Belum Tahu

Lucky Sebastian - detikInet
Selasa, 21 Agu 2018 14:55 WIB
7 Hal Tentang Galaxy Note 9 yang Kalian Belum Tahu
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Dengan kemampuan hardware kamera terbatas yang bisa dibenamkan pada smartphone, kehadiran AI memang memberi dorongan lebih untuk smartphone semakin bisa menghasilkan foto yang bagus.

Samsung walaupun sepertinya tertinggal dalam membenamkan AI ini pada kamera, sebenarnya sudah menggunakan AI cukup lama pada smartphonenya, misalnya pada Bixby Vision.

Foto: Lucky Sebastian/detikINET

Pada Galaxy Note 9, Samsung membenamkan bantuan AI pada 20 macam scene foto yang akan kita ambil, Samsung menyebutnya dengan istilah intelligent camera.

Misalnya foto bunga, makanan, langit, laut, binatang, dan lain sebagainya, agar dikenali kamera dan mengubah setting kontras, warna, white balance, kecerahan, untuk memberi hasil foto terbaik sesuai scene-nya.

Dibandingkan Galaxy Note 8 pendahulunya, bahkan Galaxy S9+ sekalipun, kehadiran AI ini memberi banyak perubahan dalam hasil foto menjadi lebih baik.

Misalnya, ini contoh foto low light antara Galaxy Note 9 dengan Galaxy S9+. Kedua kamera dikenal sangat superior mengambil foto di kondisi minim cahaya. AI pada Galaxy Note 9, membantu mengenali kondisi malam hari dan membuat detail dan HDR lebih baik.

Foto: Lucky Sebastian/detikINET

Kalau Samsung mungkin dianggap terlambat membenamkan setting AI pada kamera, ada hal baru pada pemanfaatan AI yang lebih di kamera Galaxy Note 9 yang belum ada di smartphone lain.

Pengenalan scene ini akan memberitahu sebelum foto diambil, kalau misalnya dari objek foto orang sedang ada yang matanya tertutup.

Kemudian AI juga akan memberitahu kalau lensa kamera kotor perlu dibersihkan, gambar tidak fokus, dan scene foto terlalu backlight.

Notifikasi ini memberikan peringatan awal agar kita bisa selalu menghasilkan foto yang baik.

Foto: Lucky Sebastian/detikINET

Kedua fungsi AI pada kamera ini dinamai scene optimizer dan flaw detection. Keduanya juga bisa dimatikan jika dirasa tidak diperlukan.

Pada bagian video, sebelumnya pada Galaxy S9, Samsung memperkenalkan perekaman super slow motion 960 fps 0.2 detik yang dapat menghasilkan video gerak lambat selama 6 detik. Pada Galaxy Note 9, kemampuan merekamnya ditingkatkan menjadi berlipat selama 12 detik.



(rns/rou) (rns/rou)