7 Hal Tentang Galaxy Note 9 yang Kalian Belum Tahu - Halaman 4

7 Hal Tentang Galaxy Note 9 yang Kalian Belum Tahu

Lucky Sebastian - detikInet
Selasa, 21 Agu 2018 14:55 WIB
7 Hal Tentang Galaxy Note 9 yang Kalian Belum Tahu
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Sekarang ini, semakin lama pemilik smartphone menatap layar. Semakin bagus layar, semakin kencang performa, dan semakin nyaman digunakan, tanpa sadar orang akan lebih lama menggunakan dan menatap layar smartphone.

Dari sini, para pengguna mulai merasakan pentingnya baterai yang cukup. Membawa baterai kapasitas besar, 4000 mAh untuk Samsung flagship bukan perkara sederhana.

Pasalnya, di dalam smartphone flagship terdapat begitu banyak bagian yang berjejal dan harus tetap dalam bentuk yang kompak, nyaman digenggam dan tidak boleh terlalu berat. Jadi, tidak bisa sekadar membenamkan baterai dengan ukuran besar.

Selain itu, baterai ini harus aman, ada ruang memuai saat panas, dan harus bisa mengakomodir fast charging dan wireless charging, termasuk umur pakai yang lama. Galaxy Note 9 menjadi smartphone flagship Samsung pertama yang menggunakan kapasitas terbesar ini.

Foto: Lucky Sebastian/detikINET

Hanya berbeda 6 gr saja dalam total berat, kapasitas baterai Galaxy Note 9 bisa naik 700 mAh dibandingkan Galaxy Note 8. Tetapi dampaknya, sangat berbeda.

Bisa dikatakan di antara smartphone flagship sekarang ini, Galaxy Note 9 menjadi smartphone dengan baterai terlama.

Uji coba terukur dengan PCMark Battery 2.0 dengan kecerahan 200 nits, Galaxy Note 9 mendapatkan skor 11 jam 22 menit, angka yang biasanya hanya bisa didapat mid-end smartphone dengan baterai besar.

Dalam test penggunaan real, hasil yang dicapai memang sesuai klaim Samsung, yakni bisa tahan dari pagi hingga malam, dengan SoT (Screen on Time/Layar Menyala) mudah mencapai angka 7-8 jam lebih. Ini cukup untuk orang-orang yang bekerja dari pagi hingga sudah pulang kerja kembali.

Foto: Lucky Sebastian/detikINET

Untuk menyeimbangkan kapasitas baterai yang besar, dibutuhkan juga teknologi charging cepat agar proses pengisian tidak berlangsung lama.

Walau secara kasat mata tidak ada yang berubah dari charger bawaan Samsung Galaxy Note 9 dengan charger flagship pendahulunya, sebenarnya secara manajemen charging, sekarang daya yang bisa diterima smartphone Galaxy Note 9 saat pengisian baterai lebih besar (15W) dibanding pendahulunya (12W). Untuk mengisi baterai dari kondisi 20% ke 100%, diperlukan waktu sekitar 1 jam 30 menit.



(rns/rou) (rns/rou)