7 Hal Tentang Galaxy Note 9 yang Kalian Belum Tahu - Halaman 2

7 Hal Tentang Galaxy Note 9 yang Kalian Belum Tahu

Lucky Sebastian - detikInet
Selasa, 21 Agu 2018 14:55 WIB
7 Hal Tentang Galaxy Note 9 yang Kalian Belum Tahu
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Dibandingkan dengan seri Galaxy Note 8, Galaxy Note 9 memang memiliki kinerja CPU 33% dan Grafis GPU 23% lebih baik berkat prosesor atau SoC yang baru dengan fabrikasi 10 nm.

Untuk pasar Indonesia, Galaxy Note 9 diperkuat prosesor Exynos 9810, di mana prosesor ini memiliki kinerja CPU yang lebih tinggi.

Sebenarnya, prosesor ini digunakan juga oleh seri Galaxy S9. Hanya saja, pada seri Note 9 diberikan modifikasi pada hardware berupa cooling system kelas atas yang terkadang disebut desktop class.

Kinerja prosesor smartphone tidak bisa diremehkan sekarang, sangat cepat dengan clock tinggi, tetapi tidak bisa diimbangi dengan pendingin seperti fan atau kipas seperti yang ada pada laptop

Karena tidak ada tempat untuk kipas, beberapa smartphone hi-end biasanya menggunakan heat pipe atau lapisan tembaga untuk mempercepat pembuangan panas.

Semakin panas bisa dibuang dengan cepat, semakin kinerja prosesor bisa bertahan di puncak dan memberikan kinerja terbaik.

Sebenarnya, sejak Galaxy S7, Samsung sudah membenamkan heat-pipe di seri flagshipnya, tetapi untuk Galaxy Note 9, heat pipe ini menjadi spesial.

Di dalamnya terdapat water carbon cooling system yang digabung dengan heat pipe yang kali ini ukurannya tiga kali lebih besar dari flagship Galaxy sebelumnya.

Foto: Lucky Sebastian/detikINET

Di dalam water carbon cooling yang langsung menempel di atas permukaan prosesor, panas yang dihasilkan prosesor didinginkan oleh air, yang kemudian segera berubah bentuk menjadi uap panas yang diterima oleh heat pipe kemudian panas segera disebarkan.

Setelah uap menjadi dingin, mengembun dan kembali menjadi air, digunakan untuk mendinginkan lagi prosesor dan seterusnya. Proses ini kira-kira seperti radiator mobil bekerja mendinginkan mesin mobil.

Cara gabungan cooling system ini antara water carbon dan copper heat pipe, diperkirakan membuat proses pendinginan 3,5 kali lebih efisien dari pendinginan biasa untuk mencegah overheating.

Sementara banyak brand lain khusus membuat seri smartphone untuk gaming, seperti Asus ROG Phone, Xiaomi Black Shark, Razer Phone, dan lain-lain, dengan kemampuan prosesor dan sistem pendingin ini sebenarnya Galaxy Note 9 sudah masuk area yang sama, walau tidak menyebutnya eksplisit sebagai gaming phone.

Dengan kemampuan ini, sebenarnya Samsung memperbesar cakupan pasar Galaxy Note 9, dari smartphone untuk productivity, sekarang masuk juga ke penggemar gaming smartphone.



(rns/rou) (rns/rou)