BERITA TERBARU
Rabu, 22 Feb 2017 07:41 WIB

Review

Flyme 5.1.5 Tampil Sederhana Namun Menarik

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - Sejumlah manufaktur ponsel kerap mempermak sistem operasi Android agar sesuai dengan perangkat besutannya. Tak terkecuali Meizu yang membesut Flyme OS.

Saat ini Flyme sudah memasuki versi lima. Meski masih berbasis Android 5.1 Lollipop, Flyme 5 masih cukup mumpuni. Setidaknya selama detikINET menggunakan selama seminggu ini. Berikut review singkatnya:

Desain Minimalis
Meizu berhasil memodifikasi Android dengan cukup apik. Tampilannya memang sederhana dan bersih, tapi itulah daya tariknya.

Sebagai pengguna iOS, saat menggunakan Flyme 5.1.5 tidak membutuhkan adaptasi yang lama. Semua karena kemudahan navigasi yang diberikan Meizu.

Semua aplikasi yang terinstal ditampilan pada layar utama dan tidak tersembunyi di app drawer. Jadi memudahkan pengguna untuk mengaksesnya.

Flyme 5.1.5 Tampil Sederhana Namun MenarikFoto: detikINET/Adi Fida Rahman

Untuk menampilkan action center, cukup swipe dari atas layar ke bawah. Sementara swipe dari bawah layar ke atas, untuk menampilkan jendela multitasking.

Flyme turut memberikan fitur gesture untuk mengoperasikan sejumlah fungsi. Misalnya mengetuk dua kali pada layar untuk menghidupkan ponsel. Atau menggoreskan sebuah huruf untuk membuka aplikasi.

Sistem operasi ini juga memberi opsi extra-large easy mode. Opsi tersebut membuat ikon menjadi lebih besar. Ini akan memudahkan para orang tua yang kurang nyaman dengan tampilan ikon kecil di kebanyakan smartphone.

Flyme 5.1.5 Tampil Sederhana Namun MenarikFoto: detikINET/Adi Fida Rahman


Fitur
Meizu memberikan sejumlah fitur yang cukup berguna bagi pengguna. Namun tidak menjadi beban bagi perangkat.

Sensor sidik jari misalnya, tidak hanya untuk membuka perangkat. Tapi bisa digunakan untuk mengamankan folder khusus. Alhasil tidak ada orang lain yang dapat mengakses folder tersebut.

Aplikasi kamera diberikan banyak opsi pemotretan. Mulai dari mode manual, panorama, slow-mo hingga membuat gambar berformat Gif. Semua jepretan dimasukkan dalam galeri yang punya fitur edit.

Tidak ketinggalan dan cukup penting, Meizu memberikan fitur keamanan yang akan memproteksi perangkat dari berbagai kerentanan. Fitur Security ini juga punya fungsi untuk menjaga ponsel agar tetap terjaga performanya, misalnya membersihkan sampah dan memori.

Flyme 5.1.5 Tampil Sederhana Namun MenarikFoto: detikINET/Adi Fida Rahman


Performa
detikINET menjajal Flyme 5.1.5 di ponsel Maizu M3S. Ponsel yang dirilis tahun lalu ini punya ditenagai prosesor Mediatek MT6750 dengan RAM 2 GB.
Dengan spesifikasi yang minim itu, Meizu M3S berjalan cukup mulus. Tentu Flyme punya andil akan hal itu.

Transisi layar berjalan lancar. Proses multitasking dapat dilakukan dengan mudah, meski kami membuka lebih dari 5 aplikasi sekaligus.

Saat startup pun cukup cepat. Ini juga dirasakan ketika membuka aplikasi. Cukup menarik ketika akan menguninstall aplikasi, Flyme mengingatkan jika ingin menghapus cache aplikasi sekaligus. Hal itu akan memberi berdampak yang baik pada kinerja perangkat.

Flyme 5.1.5 Tampil Sederhana Namun MenarikFoto: detikINET/Adi Fida Rahman


Opini detikINET
Dari sekian banyak modifikasi Android yang dibuat vendor ponsel, Flyme besutan Meizu bisa dikatakan salah satu yang terbaik. Tampilannya sederhana tapi tetap menarik untuk dipandang.

Performanya juga cukup mulus. Tidak saja saat transisi layar, tapi saat multitasking. Keberadaan sejumlah fitur yang berguna memberi nilai plus pada sistem operasi ini.

Sayangnya tidak seperti Cynogenmod ataupun LineageOS yang bisa diaplikasikan diberbagai ponsel. Flyme hanya bisa dicicipi di perangkat besutan Meizu saja. (afr/afr)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Hasrat Telkomsel Gelar 5G di 2021

    Hasrat Telkomsel Gelar 5G di 2021

    Senin, 29 Mei 2017 17:40 WIB
    Telkomsel berhasrat untuk menggelar layanan 5G di Indonesia, dalam waktu yang tidak jauh dengan implementasi di ranah global.
  • photo Menjajal Kecepatan 5G Telkomsel FotoINET

    Menjajal Kecepatan 5G Telkomsel

    Senin, 29 Mei 2017 17:21 WIB
    Telkomsel bersama dengan Huawei melakukan live demo pertama di Indonesia untuk teknologi 5G yang mampu menghasilkan kecepatan 70 Gbps. Wow!
  • Demo 5G Telkomsel Tembus 70 Gbps

    Demo 5G Telkomsel Tembus 70 Gbps

    Senin, 29 Mei 2017 17:14 WIB
    Telkomsel melakukan live demo teknologi 5G pertama di Indonesia. Hasilnya, live demo yang dilakukan bersama Huawei ini tembus 70 Gbps.
  • Sambut Ramadan, Google Hadirkan Fitur Anyar

    Sambut Ramadan, Google Hadirkan Fitur Anyar

    Senin, 29 Mei 2017 16:48 WIB
    Memasuki bulan Ramadan 2017, Google merilis fitur barunya di Indonesia. Fitur-fitur tersebut dijanjikan dapat menjadi teman ibadah puasa lewat ponsel pengguna.
  • Pernikahan Sederhana Para Bos Teknologi

    Pernikahan Sederhana Para Bos Teknologi

    Senin, 29 Mei 2017 16:03 WIB
    Selain CEO Snap Evan Spiegel, sejumlah bos teknologi lainnya memilih menggelar pesta pernikahan sederhana, meski mereka dari kalangan berduit.