Rabu, 20 Mei 2015 09:17 WIB

Review Produk

Asus Zenfone 2: RAM 4 GB Luar Biasa!

Anggoro Suryo Jati - detikInet
1 1. Performa memuaskan
Halaman 2 dari 7

Ada empat seri Zenfone 2 yang dirilis Asus di Indonesia. Terbagi menjadi dua model, yang dibedakan oleh tiga hal yang signikan, prosesor Intel Atom quad core 1,8 GHz dan 2,3 GHz, RAM 2 GB dan 4 GB, serta resolusi layar 720p dan 1080p.

Tipe yang diuji detikINET adalah Zenfone 2 model ZE551ML dengan prosesor Intel Atom Z3580 quad core 2,3 GHz, RAM 4 GB dan layar 5,5 inch 1080p. Dengan spek seperti ini, Zenfone 2 bisa dibilang dengan mudah melahap semua aplikasi dan game berat yang ada di Play Store.

RAM-nya yang ekstra besar itu juga membuat pengguna Zenfone 2 tak perlu repot-repot membersihkan recent apps. Sayangnya Asus membenamkan bloatware yang sangat banyak dalam ponsel ini. Aplikasi-aplikasi bawaan tersebut hanya bisa di-disable tanpa bisa dihapus --kecuali setelah me-root ponsel ini.



Namun dengan RAM 4 GB, bloatware itu tak terasa mengganggu, karena bahkan dengan membiarkan bloatware tetap berjalan, RAM-nya masih tersisa sekitar 1,8 GB. Meski tetap saja akan memakan storage yang cukup besar.

Hasil benchmark Zenfone 2 bisa menyaingi sejumlah ponsel yang dijual dengan harga jauh lebih mahal seperti Galaxy Note 4. Maka tak aneh jika Rex Lee, Asus Regional Director for South East Asia, kepada detikINET pernah mengklaim bahwa ponsel ini lebih hebat dari ponsel jagoan Samsung itu.



detikINET menguji Zenfone 2 dengan aplikasi Antutu, yang skornya mencapai angka 47.324. Itu hampir setara dengan skor yang diraih Samsung Galaxy Note 4, dan menyalip raihan OnePlus One.‎ Ketika diuji dengan aplikasi 3DMark Storm Ice, Zenfone 2 mendapatkan skor 19.582, yang juga berada sedikit di bawah skor Galaxy Note 4.

Sayang,  prosesor quad core 2,3 GHz-nya membuat suhu bodi belakang Zenfone 2 melewati suhu tubuh manusia, yang membuatnya terasa cukup hangat di kulit. Bahkan dalam pemakaian yang terbilang ringan, seperti memutar video dari YouTube.‎

(Anggoro Suryo Jati/Achmad Rouzni Noor II)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed