Samsung Galaxy Tab S: Ringan, Tipis, Elegan - Halaman 5

Hands On

Samsung Galaxy Tab S: Ringan, Tipis, Elegan

- detikInet
Jumat, 13 Jun 2014 14:45 WIB
Halaman ke 5 dari 14
Samsung Galaxy Tab S: Ringan, Tipis, Elegan

Selain desain, ketajaman layar adalah 'killing feature' Samsung untuk Galaxy Tab S. Saat dijajal, memang terdapat perbedaan signifikan antara kekuatan gambar Galaxy Tab S dan pendahulunya Galaxy Tab Pro.

Tablet premium tersebut hadir dengan layar Super AMOLED WQXGA (25x60x1600, 16:10). Spesifikasi tersebut diklaim paling canggih sejauh ini dengan rasio kontras 100.000:1.

Bandingkan selisihnya dengan Galaxy Tab Pro yang menggunakan layar LCD, memiliki rasio 1.000:1. Galaxy Tab S mereproduksi lebih dari 90 persen RGB, 20 persen lebih besar dari Galaxy Tab Pro.

Angka di atas, dalam bahasa sederhana, dapat membuat perbedaan warna menjadi lebih kontras. Ketajaman untuk konten berwarna putih pun bisa tampil lebih maksimal.

Saat menyandingkan Galaxy Tab S dan Galaxy Tab Pro, terlihat jelas perbedaan warnanya. Foto sebuah bangunan dengan yang diterangi cahaya warna-warni, terlihat lebih indah dan tajam di Galaxy Tab S.

Layar Galaxy Tab S juga bisa memiliki kemampuan adaptif terhadap cahaya lingkungan. Saat disinari dengan cahaya yang sangat terang, tampak Galaxy Tab Pro meredup gambarnya, namun Galaxy Tab S tetap terlihat jelas.

Fitur yang diberi nama Samsung adaptive display ini juga bisa menyesuaikan dengan warna cahaya lingkungan sekitar. Misalnya saat berada di ruangan dengan lampu berwarna biru, layar Galaxy Tab S akan menyesuaikan. Begitupun dengan lampu warna lainnya.

Selain itu, ada juga read mode, sebuah sistem pengaturan cahaya yang disesuaikan saat kita membaca buku di tablet atau artikel panjang. Bila fitur itu diaktifkan, maka cahaya yang keluar dari layar, tidak akan terlalu terang dan membuat mata tak mudah lelah.



(rou/rou)
Halaman Selanjutnya
(rou/rou)