Selasa, 29 Apr 2014 16:01 WIB

Review Produk

Casing Bolong-bolong HTC yang Tidak Biasa

- detikInet
HTC Dot View (dok.detikINET) HTC Dot View (dok.detikINET)
Jakarta -

Tidak hanya merilis smartphone canggih terbaru, HTC juga menelurkan inovasi mereka untuk aksesoris pendamping M8 yang bernama Dot View. Sebuah flip case dengan tampilan menawan dan nyentrik.

Diperkenalkan dengan nama Dot View, aksesoris yang juga berfungsi sebagai casing eksternal ini punya berbagai fungsi yang belum pernah ada sebelumnya.

Sederhana tapi Fungsional

Bentuknya memang biasa saja seperti layaknya flip case yang ada di pasaran pada umumnya. Material plastik keras yang dipilih HTC untuk cover bagian belakang terasa sangat solid dan memberi rasa aman yang cukup dalam melindungi M8.



Dilihat sekilas, cover depan yang tertutup penuh dengan tambahan motif bulatan-bulatan kecil transparan tidak terlihat special sama sekali. Tapi ketika digunakan lebih jauh, ternyata disitulah letak keistimewaanya.

Dengan melakukan tap dua kali, bagian cover pada Dot View case akan menyala dan menampilkan informasi waktu dan juga cuaca selama beberapa detik. Dilihat lebih detil, notifikasi tersebut bukan muncul dari cover casing melainkan tetap dari layar M8. Selain dua informasi tadi, dot view case juga dapat memunculkan notifikasi untuk low battery, email, missed call, dan juga event kalender.

Saat ada panggilan masuk, pengguna tidak perlu repot untuk membuka cover untuk melihat nama penelpon. Informasi tersebut akan muncul lengkap dengan pilihan untuk mengangkat dengan melakukan swipe bawah ke atas atau menutup panggilan tersebut dengan swipe atas ke bawah.



Menarik tapi Bukan Tanpa Cela

Umumnya saat akan menggunakan smartphone dengan flip case, pengguna akan melipat cover bagian depan ke belakang agar permukaan yang ada pada genggaman menjadi rata. Nah, inilah yang menjadi kekurangan dari Dot View case.

Dikarenakan permukaan bodi belakang M8 yang tidak rata, jadi ketika cover depan dilipat ke belakang muncul celah yang cukup lebar. Celah tadi membuat fondasi genggaman tidak terasa mantap, terlebih saat digunakan untuk mengetik.

Tidak sangat menganggu memang karena masih bisa diakali dengan menekan kedua permukaan dengan kuat, tapi tetap saja mengurangi kenyamanan.



Kekurangan lain dari flip case ini adalah jenis notifikasi yang masih terbatas. Saat ini dukungan notfikasi yang bisa ditampilkan masih terbatas pada aplikasi bawaan dari HTC saja dan belum untuk aplikasi pihak ketiga seperti LINE, WhatsApp, atau twitter.

Walau demikian, pada perkembangan terbaru sudah ada developer yang berhasil melakukan modifikasi sehingga notifikasi twitter dan google Hangouts bisa ditampilkan.



Opini detikINET

Apa yang ditawarkan HTC lewat Dot View Case merupakan suatu inovasi yang bagus untuk melengkapi smartphone jagoan mereka yaitu, One (M8).

Desainnya memang terlihat biasa saja, tapi pilihan material yang digunakan dirasa sudah cukup untuk memberikan perlindungan. Fitur-fitur yang ditawarkan terasa sangat fungsional dan memudahkan pengoperasian dari perangkat utamanya.

Dukungan aplikasi yang bisa dimunculkan notifikasinya memang masih terbatas pada aplikasi bawaan HTC Saja. Meski begitu, dengan sudah adanya developer yang bisa memodifikasi Dot View Case bukan tidak mungkin flip case canggih ini bisa melakukan hal lain untuk melengkapi HTC One(M8).

(eno/eno)