Sony SmartWatch 2, Pendamping Pas Ponsel Android - Halaman 3

Review Produk

Sony SmartWatch 2, Pendamping Pas Ponsel Android

- detikInet
Selasa, 24 Des 2013 12:19 WIB
Halaman ke 3 dari 5
Sony SmartWatch 2, Pendamping Pas Ponsel Android

Untuk dapat dapat digunakan, Smartwatch 2 harus dihubungkan terlebih dahulu dengan smartphone melalui jaringan Bluetooth.

Setelah terhubung, selanjutnya pengguna harus mengunduh aplikasi Smart Connect (tersedia pre-install pada smartphone Sony) dan Smartwatch 2 SW2 dari Play Store. Setelah semuanya terpasang, barulah pengguna dapat meng-install berbagai aplikasi pada jam tangan pintar ini.

Tidak sepertiĀ  Galaxy Gear yang hanya bisa digunakan dengan smartphone Android besutan Samsung, Smartwatch 2 ini mampu terhubung dan berfungsi baik dengan smartphone Android apa saja. Hal ini tentunya dengan catatan smartphone tersebut minimal sudah berjalan dengan OS Ice Cream Sandwich(4.0).



Jumlah aplikasi yang dapat terkoneksi dengan Smartwatch 2 memang belum banyak tersedia di Play Store. Walaupun jumlahnya terbatas, namun aplikasi-aplikasi yang ada sudah terasa cukup untuk mendukung fungsi dari perangkat ini.

Secara umum, fungsi dari Smartwatch 2 adalah sebagai perpanjangan dari smartphone. Sama seperti jam tangan pintar lainnya baik Pebble atau Samsung Galaxy Gear.

Perpanjangan yang dimaksud adalah untuk menjalankan aplikasi pada smartphone tanpa harus secara langsung menyentuhnya. Hal-hal seperti menampilkan notifikasi dari email, SMS, maupun akun social media adalah contohnya.

Tidak hanya notifikasi email dan aku social media, pengguna juga bisa menerima dan membaca perbincangan yang terjadi lewat Line atau WhatsApp.

Meskipun bisa menjalankan berbagai aplikasi di atas, kemampuan yang ditawarkan hanya sekedar Read Only. Sedangkan untuk melakukan input, seperti membalas pesan atau email, pengguna tetap harus melakukannya lewat smartphone secara langsung.

Selain untuk notifikasi, Smartwatch 2 juga mempunyai beberapa fungsi yang cukup menarik dan tentunya beguna.

Kemampuan untuk menjalankan pemutar musik pada smartphone adalah salah diantaranya. Fungsi ini tentunya sangat berguna bagi INETers yang senang mendegarkan lagu di keramaian (misalnya kendaraan umum) dan ingin bergeser dari satu track ke track lainnya tanpa perlu mengeluarkan ponselnya.

Smartwatch 2 juga bisa berubah menjadi view finder untuk mengambil foto. Perintah yang bisa dilakukan terbilang lengkap. Dari sekedar menjepret foto atau mengambil video, mengatur flash, self-timer atau melakukan zoom, semuanya bisa dilakukan lewat Smartwatch 2.

Selain untuk kedua fungsi tadi, Call Handling juga bisa berfungsi untuk mencari nomor kontak yang tersimpan dan tentunya melakukan panggilan.

Meskipun bisa melakukan panggilan, Smartwatch 2 tidak dilengkapi dengan loudspeaker/ microphone seperti pada Galaxy Gear 2. Itu artinya, pengguna tetap membutuhkan smartphonenya secara langsung, atau paling tidak menggunakan headset untuk dapat bicara.

(eno/eno)
Halaman Selanjutnya
(eno/eno)