Menjajal Teknologi Pintar Mobil Fiat 500 - Halaman 3

Hands-on

Menjajal Teknologi Pintar Mobil Fiat 500

- detikInet
Kamis, 28 Nov 2013 11:25 WIB
Menjajal Teknologi Pintar Mobil Fiat 500
Tombol voice command Fiat 500 (yud/detikINET)

Yang namanya teknologi pintar kurang lengkap tanpa kehadiran fitur perintah suara. Blue&Me pada mobil Fiat 500 pun tidak luput menghadirkan hal ini. Layaknya Siri ataupun Google Voice, pengemudi dapat leluasa mengakses fitur yang dimiliki Blue&Me tanpa menyentuhnya.

Salah satu hal menarik yang ditawarkannya adalah perintah suara untuk menelepon seseorang. Pengguna hanya cukup mengucapkan nomor telepon yang ingin dihubungi yang dilanjutkan dengan kata ‘dial’. Seketika Blue&Me akan menghubungi nomor telepon yang dimaksud melalui ponsel yang terhubung.

Lebih mudah lagi bila nomor kontak yang dihubungi telah tersalin ke dalam Blue&Me. Pengguna cukup mengucapkan nama kontak yang ingin dihubungi diikuti dengan kata ‘dial’ untuk menghubunginya.

Asyiknya setelah terhubung, suara lawan bicara akan terdengar di seluruh kabin Fiat 500 lewat speaker yang tersedia. Begitu juga saat pengguna berbicara balik, tinggal ucapkan saja sambil terus mengemudi tanpa perlu mendekatkan ponsel.

Selain itu, teknologi pintar Fiat 500 juga memiliki sejumlah fitur lainnya yang juga dapat diakses melalui perintah suara yang dimilikinya. Adapun untuk mengakses perintah suara, pengguna harus terlebih dahulu menekan tombol berlogo ‘Windows’ yang ada di sebelah kiri gagang kemudinya.

Kesulitan penggunaan perintah suara pada Fiat 500 adalah pengucapannya yang harus senada dengan aksen dalam bahasa Inggris. Sejauh ini Blue&Me memang hanya dapat mengenali aksen bahasa Inggris yang baik.

Jadi jangan kesal, bila pengguna yang sehari-hari berbicara bahasa Indonesia harus mengulang-ulang perintah yang diucapkannya agar dapat dikenali.

(yud/ash) (yud/ash)