Sony Xperia Z1: Raja Ponsel Kamera - Halaman 5

Review Produk

Sony Xperia Z1: Raja Ponsel Kamera

- detikInet
Kamis, 31 Okt 2013 18:49 WIB
Halaman ke 5 dari 9
Sony Xperia Z1: Raja Ponsel Kamera

Sebelum bicara kualitas gambar yang dihasilkan, ada baiknya membahas teknologi apa saja yang ada pada kamera Xperia Z1.

Dimulai dari lensa, Sony membenamkan apa yang mereka sebut dengan 'G-Lens'. Lensa ini memiliki bukaan F2.0 dengan kemampuan wide angle 27mm yang didukung dengan 3x clear image zoom.

Lalu ada BIONZ, unit pemrosesan gambar yang ada pada kamera saku Sony. Fitur ini bertujuan untuk mengurangi noise dan menjaga kestabilan gambar saat mengambil video.

Untuk urusan sensor, Xperia Z1 dilengkapi dengan CMOS Exmor RS tipe 1/ 2.3 dengan resolusi 20.7 MP yang dapat menghasilkan gambar dengan ukuran yang sangat besar dan tetap mempertahakan detail dari suatu gambar.

Dengan teknologi yang disebutkan di atas, tentunya kamera Xperia Z1 diharapkan mampu menghasilkan gambar yang prima dalam setiap kondisi.



Dalam kondisi pencahayaan yang cukup, gambar yang dihasilkan mempunyai kualitas memuaskan dengan tingkat detail yang sangat baik. Untuk urusan low light, kamera dari Xperia Z1 juga mampu tampil cukup baik.

Hanya saja tangan pengambil foto harus tetap stabil untuk dapat menghasilkan gambar yang bagus, karena shutter kamera akan terbuka lebih lama.

Untuk mengambil foto biasa, Xperia Z1 menyediakan mode Superior Auto dan manual. Dalam mode Superior Auto, foto yang diambil berukuran 8 MP(16:9) saja. Pengaturan seperti ISO, exposure, WB, dll tidak bisa dilakukan dan semuanya diatur secara otomatis.



Satu hal yang perlu dicatat adalah mode Superior Auto terkadang tidak sesuperior namanya, terlebih saat mengambil dalam kondisi low light. Pada mode ini, gambar sering kali menjadi terlalu terang dan dihujani dengan noise akibat setting ISO yang dinaikkan ke angka yang terlalu tinggi.

Berbeda dengan Superior Auto, mode manual pada Xperia Z1 memungkinkan user untuk bisa memaksimalkan sensor untuk mengambil gambar dengan resolusi 20.7 MP(4:3). Pengguna juga bisa mengatur ISO, exposure, white balance, metering, dll untuk dapat menghasilkan gambar yang dikehendaki.



Selain yang disebutkan di atas, pada modus manual pengguna juga dapat menggunakan berbagai jenis titik fokus seperti single dan multi autofocus, face detection, touch focus, serta object tracking.

Soal modus pengambilan gambar, Xperia Z1 menyediakan cukup banyak pilihan seperti soft skin, landscape, backlight correction, gourmet, pet, dan beberapa modus lainnya yang bisa maksimalkam oleh pengguna.

Untuk mode video, Xperia Z1 mampu merekam dengan resolusi 1920x1080(30fps) baik dengan menggunakan kamera depan maupun belakang. Hasil video terbilang stabil dengan detail yang memuaskan.

Berdasarkan pengalaman detikINET, menggunakan modus manual pada Xperia Z1 memang lebih mengasyikkan. Banyak pengaturan yang bisa dipakai untuk membuat hasil jepretan lebih berkualitas.

Berikut adalah beberapa hasil foto menggunakan Sony Xperia Z1 dalam berbagai kondisi.

(eno/eno)
Halaman Selanjutnya
(eno/eno)