Sony Xperia Z1: Raja Ponsel Kamera - Halaman 3

Review Produk

Sony Xperia Z1: Raja Ponsel Kamera

- detikInet
Kamis, 31 Okt 2013 18:49 WIB
Halaman ke 3 dari 9
Sony Xperia Z1: Raja Ponsel Kamera

Tidak berbeda dengan Xperia Z, Xperia Z1 masih tetap mengusung layar 5 inch berbasis TFT. Namun kualitasnya coba ditingkatkan dengan resolusi full HD dengan kerapatan pixel mencapai 441 ppi.

Dari segi kualitas, layar jenis TFT memang agar tertinggal dari jenis lain seperti Super LCD, IPS, atau bahkan Amoled. Terutama dari sisi view angle. Kekayaan warna TFT juga terlihat sedikit di bawah ketiga jenis layar di atas.

Nah, untuk menutupi segala kelemahannya itu, Sony memutuskan untuk mengganti label Bravia Engine dengan X-Reality yang ditujukan untuk mendongkrak performa layar ,baik dari segi detil dan juga ketajaman dari foto dan video.

Hasilnya, saat menonton video dalam resolusi full HD, gambar tampil begitu baik dan tajam. Detail-detail tampak sangat baik dan benar-benar memanjakan mata.

Seperti yang disebutkan sebelumya, masalah sudut pandang yang hadir pada layar jenis TFT masih menjadi PR tersendiri bagi Sony.

Untuk dapat melihat gambar dengan kualitas maksimal, mata pengguna harus benar-benar lurus dengan layar. Sekali lagi, benar-benar lurus. Sedikit saja bergeser, maka produksi warna pada akan langsung menurun drastis dan pudar.

Kemampuan saat digunakan di luar ruangan juga masuk kategori kurang. Pada kondisi cuaca cerah dengan sinar matahari yang begitu terang, gambar atau tulisan pada layar akan sulit terlihat.



Menaikkan setelan brightness menjadi maksimal memang dapat sedikit menolong, tapi permasalahan sudut pandang yang sudah dibahas sebelumnya menjadi lebih terasa pada kondisi ini.

Kedua masalah di atas tentunya sangat disayangkan untuk layar smartphone sekelas Xperia Z1 yang telah dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih. Apalagi jika melihat vendor-vendor lain sudah salingĀ  berkompetisi untuk menghadirkan layar yang lebih baik pada tiap seri smartphonenya, terlebih untuk kelas premium.

(eno/eno)
Halaman Selanjutnya
(eno/eno)