Galaxy S4, Android 'Dewa' dari Samsung - Halaman 4

Hands-On

Galaxy S4, Android 'Dewa' dari Samsung

- detikInet
Senin, 15 Apr 2013 10:06 WIB
Halaman ke 4 dari 6

Galaxy S4 yang dicoba detikINET modelnya adalah GT I9500 yang punya prosesor octa core. Jenis yang lain adalah GT I9505 yang mengandalkan prosesor quad core.

Ini sesuai dengan kabar sebelumnya bahwa Indonesia akan kebagian Galaxy S4 octa core. Menarik untuk membahas prosesor Exynos 5 Octa yang memiliki 8 otak tersebut. Namun demikian, prosesor ini tidak murni 8 otak.

Exynos 5 Octa memakai arsitektur dari ARM yang disebut big.LITTLE. Lebih akurat untuk mengatakannya sebagai dua prosesor quad core yang bekerja sesuai kebutuhan daripada sebuah chip dengan 8 core.

Terdapat empat inti prosesor performa tinggi dengan clock speed sampai 1,6 GHz serta empat inti lagi yang lebih efisien powernya, dengan clock speed sampai 1,2 GHz. Masing-masing disebut Cortex A15 dan A7.

ARM mendeskripsikan A15 cocok untuk melakukan tugas berat seperti main game. Sedangkan Cortex A7 ditujukan untuk melakukan tugas yang lebih ringan, seperti operasional ponsel.

Performa S4 sendiri yang dicoba detikINET sangat mulus. Tidak ada lag sama sekali saat perpindahan layar ataupun mengakses aplikasi. Semuanya benar-benar berjalan cepat tanpa kendala.

(fyk/ash)
Halaman Selanjutnya
(fyk/ash)