Sony Xperia Z, Ponsel Mewah yang Siap Diajak Nyebur - Halaman 2

Review Produk

Sony Xperia Z, Ponsel Mewah yang Siap Diajak Nyebur

- detikInet
Selasa, 26 Mar 2013 09:34 WIB
Halaman ke 2 dari 8

Biasanya, ponsel yang dibuat agar tahan air dan debu itu memiliki desain kaku. Kemudian di sekujur tubuhnya dilengkapi dengan karet pelindung berupa karet atau sejenisnya.

Namun hal kaku tersebut tak ditemui pada Xperia Z. Meski ponsel ini sudah mengantongi sertifikasi IP55 dan IP57 (tahan air dan debu), tapi soal penampilan tak kalah mentereng dengan ponsel papan atas lainnya.

Sepintas melihat mungkin tak ada yang percaya bahwa ponsel ini bisa dipakai saat hujan, karena memang bentuknya tak seperti smartphone outdoor kebanyakan.

Bentuk Xperia Z terlihat kotak, dan bagian belakangnya dilapisi kaca tipis. Mirip dengan yang ada pada iPhone 4. Hal ini tentunya membuat ponsel besutan Sony ini terlihat mewah dan berkilau. Saking berkilaunya pengguna bisa berkaca saat ponsel ini dalam keadaan bersih.



Keuntungan menggunakan kaca memang membuat ponsel terlihat lebih menarik, tapi masalahnya bahan ini mudah meninggalkan jejak tangan. Baru sebentar Xperia Z dipakai, di bagian belakangnya sudah terdapat banyak bercak tangan yang mengurangi kecantikannya.

Untuk mengantisipasi air yang masuk, seluruh tubuh Xperia Z dibuat begitu rapat. Dan di setiap sisinya direkatkan oleh bahan karet yang tipis namun kokoh. Bahan ini juga yang membuat Xperia Z enak digenggam dengan satu tanan saja, tidak licin.



Slot microSD, kartu SIM, jack audio, serta micro USB dilengkapi dengan penutup khusus agar terlindungi dari air dan debu. Satu-satunya yang terlihat berlubang hanyalah di bagian speaker, itu pun ternyata tidak terpengaruh saat terkena cipratan air.

Xperia Z makin terlihat keren lantaran hanya punya sedikit tombol. Hanya ada dua tombol fisik pada ponsel ini, tombol power berlapis chrome di sisi kiri, dan tombol volume up/down persis di sebelahnya.

Sedangkan di bagian belakang hanya terdapat kamera 13 MP, LED flash, logo NFC dan tulisan Xperia yang cukup mencolok.

Bodi kotak Xperia Z makin terlihat keren berkat ketebalannya yang cuma 7,9 mm. Bobotnya pun tergolong ringan, sekitar 146 gram. Jadi memang tergolong nyaman saat disaku atau pun ketika dipakai dengan satu tangan.

Dilihat desain yang ditawarkannya itu, Xperia Z memang sepertinya menawarkan sesuatu yang sangat berbeda untuk jenis ponsel outdoor.

(eno/ash)
Halaman Selanjutnya
(eno/ash)