Adu Buas 4 Ponsel Android Quadcore - Halaman 3

Head to head

Adu Buas 4 Ponsel Android Quadcore

- detikInet
Selasa, 26 Feb 2013 12:05 WIB
Halaman ke 3 dari 4

Jika sudah melihat spesifikasi yang begitu luar biasa, pasti banyak yang bertanya soal performa produk tersebut. Nah, dalam tulisan ini detikINET akan membandingkan kecepatan Galaxy S III, One X, Nexus 4 dan Optimus G.

Jika dilihat dari spesifikasinya keempat produk tersebut memang mirip. Galaxy S III mengunakan chip Exynos 4412 quad core 1,4 GHz, One X+ Nvidia Tegra 3 quad core 1,7 GHz, sedangkan Nexus 4 dan Optimus G sama-sama mengusung Qualcomm APQ8064 Snapdragon quad core 1,5 GHz.

Perbedaan mencolok terletak pada memori utama, di mana Galaxy S III dan One X+ punya kapasitas RAM 1 GB lebih kecil dari Nexus 4 dan Optimus G yang sudah dibekali RAM 2 GB. Lalu apakah perbedaan itu berdampak pada performanya?

Untuk keperluan sehari-hari seperti browsing, email atau membuka aplikasi pesan instan secara bersamaan mungkin tak ada artinya bagi keempat produk tersebut. Melakukan zoom in zoom out pada web tampilan dekstop yang punya banyak gambar pun bisa dilakukan tanpa membuat ponsel terbebani.

Perbedaannya baru terasa saat detikINET mengujinya dengan aplikasi benchmark. Di sini baru terlihat sejauh apa perbedaannya, dan terlihat bahwa spesifikasi yang lebih tinggi ternyata memang belum berarti yang paling hebat.

Berikut adalah hasil benchmark keempat ponsel tersebut.

Dalam video yang direkam detikINET itu terlihat bahwa Nexus 4 dan Optimus G yang jelas-jelas memiliki RAM 2 kali lipat, masih bisa 'ditempel' oleh Galaxy S III dan One X+ yang hanya ditopang RAM 1 GB. Padahal semuanya menggunakan sistem operasi yang sama, Android Jelly Bean 4.1. Kecuali Nexus 4 yang sudah 4.2.2

Dari hasil tersebut bisa terlihat, bahwa clock tinggi atau memori besar tidak menjadi jaminan bahwa performanya dapat melesat. Karena spesifikasi canggih juga harus dibarengi dengan optimalisasi sistem yang baik.

(eno/ash)
Halaman Selanjutnya
(eno/ash)