Jumat, 13 Mar 2015 09:55 WIB

Zach King Sang 'Steven Spielberg' Era YouTube & Vine

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Zach King (istimewa) Zach King (istimewa)
FOKUS BERITA Vine Dibunuh Twitter
Jakarta - Menjadi terkenal saat ini bukanlah hal yang sulit. Banyak di antara mereka yang memanfaatkan teknologi internet dan media sosial untuk bisa menjadi terkenal. Salah satunya adalah Zach King, sang videomaker dengan sentuhan ajaib.

Bagi Anda yang memiliki akun Vine dan terbiasa mengakses YouTube, pasti sudah tidak asing dengan pria muda yang satu ini. Di usianya yang baru menginjak 24 tahun, King sudah menjelma sebagai bintang Vine dan YouTube.

Kepiawaiannya dalam merekam dan mengedit video-video unik membuat pria berkebangsaan Amerika itu dalam sekejap menjadi bahan perbincangan di antara para netizen dari seluruh dunia.

Lantas siapakah Zach King ini sebenarnya? King sendiri tak ubahnya seperti remaja-remaja yang eksis di dunia maya dan media sosial pada umumnya. Hanya saja, karya-karya yang dihasilkan oleh King terbilang sangat spektakuler.

King kecil -- sebelum lulus dari Biola University ini lahir dan tumbuh di Portland, Oregon, Amerika Serikat -- gemar sekali merekam video. Bahkan, ketika berusia 7 tahun King sudah bisa membuat film pertamanya menggunakan kamera video rumahan.

Baru ketika ia berumur 14 tahun, ia pun mulai serius dengan membeli berbagai peralatan perekam dan editing video, termasuk komputer Mac, kamera, dan tentu saja tripod.

Memulai karirnya di tahun 2008 dengan mendirikan sebuah situs bernama FinalCutKing.com, di situ ia memberikan pelatihan dan tips tentang bagaimana menggunakan software editing Final Cut Pro. Tak hanya beraksi di situs, King pun kemudian merambah tutorialnya di Youtube dan mendapat sambutan yang luar biasa.

Di tahun 2011, melalui akun Youtube-nya, FinalCutKing merilis video Jedi Kittens yang ia produksi bersama teman-teman kuliahnya. Dalam waktu tiga hari, video tersebut berhasil menyedot 5 juta penonton. Sekuelnya, yakni Jedi Kittens Strike Back sukses meraih 10 juta penonton.

Tak heran, Youtube pun menobatkan King sebagai satu dari 25 film-maker muda menjanjikan di negeri Paman Sam pada Mei 2013 lalu. Tiga tahun kemudian, King pun merambah ke media sosial Vine. Lagi-lagi, King berhasil menyita perhatian pengguna Vine dengan video-video unik hasil ciptaan ia bersama dengan kawan-kawannya.

King pun kemudian memperoleh gelar sebagai Vine Magician. Dengan video enam detiknya yang mengagumkan, King kini meraih 2,7 juta follower di akun Vine Zach King. Banyak yang bertanya, bagaimana King melakukan hal itu?

"Sebenarnya cukup mudah. Kami merekam video, lompat atau apapun itu, dan cut. Kemudian ketika aku sedang dalam keadaan 'freeze' itu lah teman-teman datang dan merubah pakaian atau apapun itu," jelasnya seperti detikINET kutip ABC News, Jumat (13/3/2015).

"Banyak orang yang bertanya bagaimana kamu melakukan hal itu?" lanjutnya dengan bangga.

Pun video yang dihasilkan rata-rata memiliki durasi hanya enam detik, namun nyatanya King dan teman-temannya butuh waktu yang cukup lama untuk merekam dan editing. "Biasanya butuh waktu sekitar lima jam untuk merekam dan mengedit video," papar King.

Seperti kebanyakan film-maker muda lainnya yang tumbuh di era Indiana Jones dan Jurassic Park, King pun bercita-cita untuk menjadi the next Steven Spielberg. Tak hanya muncul di Vine dan Youtube, karya-karya King bisa Anda temui di akun Instagram miliknya @FinalCutKing atau di akun Twitter @finalcutking.



(rou/rou)
FOKUS BERITA Vine Dibunuh Twitter

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed