Instagram Uji Coba Biaya Langganan Rp 1,4 Juta Per Bulan

Instagram Uji Coba Biaya Langganan Rp 1,4 Juta Per Bulan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 21 Jan 2022 11:15 WIB
instagram
Aplikasi Instagram. Foto: unsplash
Jakarta -

Instagram sedang mengujicoba fitur baru, yaitu langganan berbayar yang bisa diaktifkan oleh kreator konten atau influencer di platformnya. Fans yang fanatik dapat ikut dalam langganan tersebut.

Nah, mereka yang berlangganan dapat menyaksikan Stories atau video ekslusif dari selebgram yang mereka ikuti. Saat ini, uji coba baru digelar untuk sejumlah kecil kreator di Amerika Serikat.

Mereka yang berlangganan akan mendapat semacam badge berwarna ungu yang membedakan dengan follower lain. Lantas berapa biaya langganannya?

Seperti dikutip detikINET dari Independent, terdapat 8 pilihan harga langganan dari Instagram. Paling murah adalah USD 0,99 per bulan dan yang paling mahal mencapai USD 99,99 per bulan atau di kisaran Rp 14 juta.

Para subscriber tentunya akan mendapat fasilitas lebih banyak dari follower biasa karena bayarannya cukup besar, misalnya akses ke konten esklusif. Agar konten semacam itu tak di-screenshot, awalnya Instagram dikabarkan akan menonaktifkan fitur itu, tapi belum dilakukan dalam uji coba ini.

Instagram juga tidak meminta bayaran dari pendapatan kreator dalam uji coba ini. "Kami semua sama seperti Meta, kami tidak akan menarik pembagian revenue sampai setidaknya tahun 2023," kata Ashley Yuki, Co Head of Product Instagram.

"Tujuan utama kami di sini adalah bahwa kami membantu para kreator untuk mencari nafkah. Kami mencoba memikirkan semua cara yang kami bisa untuk membangun monetisasi seandainya ada peluang," kata dia.

Platform lain semacam TikTok dan Twitter juga semakin agresif memperbanyak cara agar kreator konten lebih banyak memperoleh pendapatan. Maka sepertinya Instagram tak mau ketinggalan kereta.



Simak Video "Syarat Mutlak Influencer Bisa Dilirik Brand"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)