Samsung Tutup Permanen Toko Aplikasi Tizen

ADVERTISEMENT

Samsung Tutup Permanen Toko Aplikasi Tizen

Josina - detikInet
Selasa, 11 Jan 2022 14:45 WIB
Tizen
Foto: Internet
Jakarta -

Mulai awal tahun 2022 ini Samsung mengumumkan bahwa toko aplikasi Tizen sudah tidak dapat diakses lagi oleh pengguna lama ataupun baru.

Pada bulan Juni, Samsung telah menghentikan layanan bagi pengguna baru untuk menggunakan Tizen Store dan mengunduh aplikasi atau game baru.

Sehingga, toko aplikasi Tizen pun hanya bisa diakses untuk pengguna lama dan mereka pun hanya bisa mendapatkan aplikasi yang diunduh sebelumnya.

Namun setelah tanggal 31 Desember 2021, Samsung telah resmi telah menutup secara permanen toko aplikasi Tizen. Dilansir detiKINET dari GSM Arena, Selasa (11/1/2022) bagi pengguna smartphone Samsung seri Z, Samsung meminta untuk beralih ke platform lain seperti Android atau iOS.

Diketahui Samsung Z4 adalah smartphone terakhir perusahaan yang beroperasi menggunakan OS Tizen dan dirilis kembali pada 2017.

Tampaknya Samsung menghentikan proyek Tizen-nya setelah seri Galaxy Watch4 tahun ini berjalan di Wear OS yang merupakan kolaborasi pertama dengan Google dan semua jam tangan Galaxy di masa depan juga dapat berjalan di Wear OS.

Seperti diketahui Samsung meluncurkan Galaxy Watch 4 series di event Galaxy Unpacked bersama dengan Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3. Ini adalah jam tangan pintar pertama yang menggunakan sistem operasi Wear OS baru hasil kolaborasi Samsung dan Google.

Berkat kolaborasi Samsung dan Google, Galaxy Watch 4 series bisa menjalankan aplikasi Google dengan lebih nyaman. Misalnya Google Maps, di mana pengguna bisa mengatur dan mengikuti navigasi langsung dari jam tangan dan bisa langsung menampilkannya di layar ponsel.

Galaxy Watch 4 series sendiri hadir dalam dua varian yaitu varian reguler dan Classic dengan dua pilihan ukuran. Untuk varian Galaxy Watch 4 Classic 46 mm, Samsung juga memboyong varian yang mendukung LTE sehingga bisa digunakan tanpa terhubung dengan ponsel.

Selain sistem operasi baru, jam tangan pintar ini juga membawa banyak peningkatan di fitur kesehatan seperti pengukuran body composition, elektrokardiogram (ECG) yang lebih cepat, dan pendeteksi ngorok.



Simak Video "Samsung M13 5G, Ini Harga dan Spesifikasinya "
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT