Truecaller Dapat Pembaruan Besar, Apa yang Baru?

Truecaller Dapat Pembaruan Besar, Apa yang Baru?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 02 Des 2021 10:15 WIB
Truecaller 12
Foto: Dok. Truecaller
Jakarta -

Truecaller, aplikasi penyaring telepon spam, diperbarui ke versi 12, dan mendapat penambahan fitur yang besar. Apa saja fitur barunya?

Meski aplikasinya tersedia untuk Android dan iOS, Truecaller secara spesifik menyatakan kalau pembaruan ini ditujukan untuk pengguna Android. Penambahan fitur terbesarnya adalah Video Caller ID.

Dengan fitur ini, pengguna bisa mengatur Truecaller untuk menunjukkan video ke kontaknya saat mereka melakukan panggilan. Lalu Truecaller pun menghadirkan fitur Call Recording, yang bisa diakses oleh pengguna non berbayar.

Call Recording awalnya diperkenalkan sebagai fitur Premium saja, namun kini kembali dan tersedia untuk semua orang yang menggunakan perangkat Android 5.1 maupun yang lebih baru.

Dengan Call Recording pengguna dapat merekam panggilan masuk dan keluar di perangkat, terlepas dari apakah perangkat sudah memiliki fitur perekaman atau belum. Pengguna dapat mendengarkan atau menghapus rekaman dengan Truecaller atau menggunakan pencarian file.

Lalu pembaruan lainnya adalah pemisahan antara tab panggilan dan pesan, yang mempermudah pengguna untuk melihat daftar panggilan dan pesan yang masuk.

Khusus untuk pengguna berbayar alias Premium, Truecaller akan mengucapkan dengan lantang caller ID panggilan yang masuk. Hal ini bekerja untuk kontak yang tersimpan maupun untuk nomor yang teridentifikasi oleh Truecaller pada panggilan suara normal maupun panggilan Truecaller HD Voice.

Terakhir ada fitur bernama Ghost Call, yang juga tersedia untuk pengguna Premium. Ghost call adalah trik pintar untuk membantu pengguna Truecaller keluar dari situasi kurang nyaman atau memainkan harmless prank pada teman-teman. Dengan Ghost Call, pengguna dapat menyeting nama, nomor dan foto yang muncul seolah-olah sedang menerima panggilan dari orang tersebut.

Jika mau, Anda juga dapat memilih kontak yang Anda punya di telepon. Anda pun dapat menjadwalkan kapan Anda ingin menerima Ghost Call. Ghost Call hanya tersedia untuk pelanggan Premium dan Gold.

"Versi terbaru ini menggabungkan beberapa fitur yang disarankan oleh pengguna kami yang kritis dan diluncurkan guna memastikan pengalaman berkomunikasi yang lebih menyenangkan bagi pengguna, serta memungkinkan mereka untuk menangani ancaman panggilan spam dengan lebih baik," jelas Alan Mamedi, Co-founder & CEO, Truecaller, dalam keterangan yang diterima detikINET.



Simak Video "Tengah Malam Dapat Spam Penawaran Kartu Kredit Dll, Bisakah Dipidanakan?"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)