YouTube Music Akan Hilangkan Video Musik untuk Pengguna Gratisan

YouTube Music Akan Hilangkan Video Musik untuk Pengguna Gratisan

Josina - detikInet
Senin, 25 Okt 2021 13:45 WIB
spotify
Foto: Unspslah/Sara Kurfess
Jakarta -

Layanan streaming musik seperti Apple Music dan Spotify memiliki cara berbeda untuk menggaet pengguna baru. Untuk Apple Music mereka tidak menawarkan layanan gratis sebagai ujicoba, sedangkan Spotify sebaliknya yang memberikan layanan gratis dalam waktu yang ditentukan.

Mengikuti langkah Spotify, YouTube Music pun turut menawarkan layanan gratis kepada penggunanya namun mulai depan bagi ada beberapa fitur yang akan dihilangkan.

YouTube telah mengumumkan bahwa pengguna gratis tidak akan lagi dapat menonton video musik di layanannya kecuali jika mereka akan berlangganan YouTube Premium.

Untuk pengguna YouTube biasa pengguna masih dapat menonton video bahkan video musik yang diinginkan meski ada iklan. Tapi jika melakukannya di YouTube Music secara gratisan maka kemampuan menonton video musik sudah tidak bisa.

Ini artinya pengguna YouTube Music gratisan hanya bisa mendengarkan secara audio saja. Namun meski video musik telah dihilangkan, pengguna masih dapat mendengarkan musik di latar belakang meski keluar aplikasi, memutar acak lagu campuran yang dipersonalisasi, dan masih banyak lagi.

Dilansir detiKINET dari Ubergizmo, Senin (25/10/2021) perubahan ini diperkirakan akan mulai berlaku pada 3 November mendatang. Ini menjadi upaya YouTube untuk menarik penggunanya berlangganan di YouTube premium yang memiliki fasilitas lain seperti mendengarkan musik tanpa iklan.



Simak Video "Konten Pengetahuan di YouTube Makin Diminati Masyarakat"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)