WhatsApp Beta di iOS Uji Cadangkan Enkripsi End-to-end

WhatsApp Beta di iOS Uji Cadangkan Enkripsi End-to-end

Josina - detikInet
Jumat, 08 Okt 2021 19:14 WIB
Ilustrasi WhatsApp
WhatsApp Beta di iOS Uji Cadangkan Enkripsi End-to-end (Foto: dok. Rawpixel)
Jakarta -

Apple dikenal sangat melindungi privasi penggunanya hingga semua fitur yang terdapat pada platformnya diklaim mendukung dan membantu untuk meningkatkan privasi dan keamanan mereka.

Namun dari itu semua ternyata ditemukan jika Apple tidak menawarkan fitur enkripsi end-to-end untuk pencadangan iCloud-nya. Sebelumnya Apple mengatakan bahwa cadangan telah dienkripsi, tetapi nyatanya ditemukan bahwa mereka sebenarnya cadangan tersebut tidak dienkripsi end-to-end.

Ini berarti bahwa Apple benar-benar memegang kunci enkripsi dan jika mereka mau, dapat mendeskripsi konten cadangan pengguna. Tapi kabar baiknya adalah bahwa obrolan WhatsApp pengguna akan segera dilindungi dari hal tersebut.

Seperti yang ditemukan oleh WABetaInfo, versi WhatsApp beta di iOS telah memperkenalkan fitur enkripsi end-to-end untuk pencadangan yang disimpan di iCloud.

Fitur tersebut menempatkan kunci dekripsi di tangan pemegang akun, sehingga jika seseorang mendapatkan akses ke cadangan iCloud dan dapat mendekripsinya, makan obrolan WhatsApp tetap aman.

WhatsApp awalnya mengumumkan rencana untuk fitur ini pada bulan September, dan sepertinya mereka sekarang mulai mengujinya. Tidak ada kabar kapan fitur ini akan keluar dari versi beta, tetapi fitur ini akan yang paling ditunggu oleh pengguna.

"Kami menambahkan lapisan privasi dan keamanan lain ke WhatsApp: opsi enkripsi end-to-end untuk cadangan yang dipilih orang untuk disimpan di Google Drive atau iCloud," kata Mark Zuckerberg CEO Facebook, seperti dikutip detiKINET dari 9to5mac, Jumat (8/10/2021).

"WhatsApp adalah layanan perpesanan global pertama pada skala ini yang menawarkan perpesanan dan pencadangan terenkripsi end-to-end, dan untuk mencapainya ada tantangan teknis yang sangat sulit yang memerlukan kerangka kerja yang sama sekali baru untuk penyimpanan kunci dan penyimpanan cloud di seluruh sistem operasi," lanjutnya.



Simak Video "AS Terbitkan 2 Aplikasi Paten Baru Apple, Mau Bikin Drone?"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)