WhatsApp Rancang Fitur Ubah Voice Note Jadi Pesan Teks

WhatsApp Rancang Fitur Ubah Voice Note Jadi Pesan Teks

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Senin, 20 Sep 2021 15:11 WIB
Ilustrasi WhatsApp
WhatsApp Rancang Fitur Ubah Voice Note Jadi Pesan Teks (Foto: dok. Rawpixel)
Jakarta -

WhatsApp akan terus kedapatan fitur baru. Rencananya mereka menyiapkan agar voice note bisa menjadi pesan teks.

Dilansir dari Todayin24, seperti dilihat Senin (20/9/2021) WABetaInfo melaporkan bahwa WhatsApp tengah mengembangkan pembaruan untuk iOS. Pembaruan ini memungkinkan pengguna untuk mengubah pesan suara jadi pesan teks.

Fitur ini bekerja dengan proses transkripsi. Untuk melakukannya, WhatsApp akan menyalurkan pesan suara pengguna ke suatu server. Namun, kali ini mereka tidak akan menggunakan server WhatsApp.

Bahkan, Facebook selaku pemilik WhatsApp juga tidak terlibat dalam pengujian fitur baru tersebut. Fitur ini akan dibantu menggunakan teknologi Apple.

Pesan suara tersebut nantinya akan disalurkan ke server Apple untuk ditranskrip menjadi teks. Fitur ini dikembangkan dengan teknologi speech recognition yang dirancang oleh sang pembuat iPhone itu.

Fitur baru ini bersifat opsional. Itu artinya, pengguna diberikan kebebasan dalam menggunakan fitur ini. Apabila pengguna ingin menggunakannya, WhatsApp akan meminta persetujuan terlebih dahulu.

Pengguna WhatsApp akan dimintai izin berbagi data dengan Apple. Hal tersebut dilakukan untuk mengakses pendeteksi suara ponsel, yang digunakan untuk merekam voice note.

Nantinya, pesan suara yang ditranskrip oleh WhatsApp akan ditampilkan dalam bentuk teks. Nah, teks tersebut juga akan disimpan secara lokal --di ponsel masing-masing pengguna-- dalam database WhatsApp.

Fitur terbaru ini membuat kegiatan mengirim pesan jadi semakin cepat lewat aplikasi WhatsApp, terutama untuk kebutuhan transkripsi suara menjadi teks. Hanya saja, belum diumumkan kapan fitur transkripsi pesan suara ini akan dirilis.

UNTUK INFORMASI LENGKAPNYA SILAKAN KLIK DI SINI.



Simak Video "Daftar iPhone dan Cara Download iOS 15"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)