Twitter Siapkan Fitur Unmention untuk Atasi Banjir Notifikasi

Twitter Siapkan Fitur Unmention untuk Atasi Banjir Notifikasi

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 16 Jun 2021 18:01 WIB
People holding mobile phones are silhouetted against a backdrop projected with the Twitter logo in this illustration picture taken in  Warsaw September 27, 2013.   REUTERS/Kacper Pempel/Illustration/File Photo
Twitter Siapkan Fitur Unmention untuk Atasi Banjir Notifikasi Foto: Reuters/Kacper Pempel
Jakarta -

Kalian pernah di-mention seseorang di Twitter, lalu cuitan itu viral dan akun kalian ikut dibanjiri notifikasi? Kabar baik, karena Twitter sedang mempersiapkan fitur 'unmention' yang memungkinkan pengguna untuk keluar dari percakapan yang tidak diinginkan.

Product Designer Twitter Dominic Camozzi belum lama ini memperlihatkan cara kerja fitur unmention. Camozzi menekankan bahwa fitur ini masih dalam bentuk konsep dan peluncurannya akan tergantung pada feedback yang diterima Twitter.

Camozzi mengatakan dengan fitur unmention pengguna bisa mengontrol perhatian yang tidak diinginkan di Twitter. Jadi pengguna yang di-tag oleh pengguna lain akan mendapatkan notifikasi, setelah itu mereka bisa memilih untuk 'unmention' akunnya dari cuitan.

Pengguna yang sudah unmention akunnya dari cuitan orang lain tidak akan lagi menerima notifikasi kalau misalnya cuitan itu mendadak ramai. Username pengguna tetap akan ada di cuitan itu, tapi link ke profil pengguna akan dihilangkan.



Selain itu, Twitter juga akan memberikan notifikasi khusus jika pengguna di-mention oleh orang yang bukan followers. Jika pengguna memutuskan untuk unmention akunnya, maka orang tersebut akan dilarang untuk me-mention pengguna untuk seterusnya, seperti dikutip dari TechCrunch, Selasa (15/6/2021).

Konsep Twitter juga memperlihatkan pengaturan yang memungkinkan pengguna untuk melarang akun-akun tertentu me-mention mereka. Ada juga tombol khusus yang bisa diaktifkan pengguna jika tidak ingin di-mention selama satu hari, tiga hari, atau tujuh hari.

Twitter juga berencana membuat fitur ini lebih memudahkan pengguna dengan memberikan notifikasi jika pengguna sudah menerima banyak ratusan mention. Setelah mendapat notifikasi, pengguna bisa melihat cuitan yang diterima dan mengubah pengaturan untuk melindungi akunnya.

Fitur unmention ini tentu akan sangat berguna untuk pengguna atau figur publik yang sering menerima cuitan berisi hinaan dan pelecehan. Konsep ini juga bisa melengkapi fitur Twitter yang memungkinkan pengguna untuk membatasi balasan di cuitannya.

Fitur ini mungkin tidak bisa menghentikan troll untuk mengirimkan cuitan menghina, tapi setidaknya pengguna tidak perlu melihat ratusan bahkan ribuan cuitan jahat yang masuk ke dalam notifikasi. Apalagi kalau harus melihat cuitan satu persatu untuk memblokir atau mute ratusan akun secara manual.

Belum diketahui kapan Twitter akan menggulirkan fitur unmention secara publik. Meski masih dalam tahap awal pengembangan, juru bicara Twitter mengatakan tidak sabar ingin menerima feedback dari pengguna.



Simak Video "Mudah! Cara Bagikan Cuitan Twitter ke Instagram Stories"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)