Remaja Ini 'Hidupkan' Kembali iOS 4, Ada yang Mau Nostalgia?

Remaja Ini 'Hidupkan' Kembali iOS 4, Ada yang Mau Nostalgia?

Josina - detikInet
Minggu, 13 Jun 2021 11:15 WIB
A demonstration of the newly released Apple products is seen following the product launch event at the Steve Jobs Theater in Cupertino, California, U.S. September 12, 2018. REUTERS/Stephen Lam
Foto: Stephen Lam/Reuters
Jakarta -

Sejak memulai debutnya di iPhone generasi pertama pada 2007, iOS telah banyak berevolusi dan paling terbaru adalah dirilisnya iOS 15 belum lama ini.

Mungkin ingin mengenang masa silam, seorang remaja yang merupakan fanboy Apple ingin menghidupkan kembali iOS lawas. Adalah Zane Kleinberg yang memutuskan untuk mencoba membuat ulang tampilan iOS 4 dan merilisnya sebagai aplikasi mandiri bernama OldOS.

Ia pun mempunyai alasan sendiri mengapa memilih iOS 4 dibanding versi iOS yang lebih lama atau baru. Kleinberg mengatakan kepada CultofMac, hal tersebut karena iOS 4 adalah pengalaman pertamanya dengan teknologi seluler modern dan dengan demikian memiliki tempat khusus di hatinya.

"Pengalaman pertama saya dengan segala bentuk teknologi seluler modern adalah iOS 4. Sulit untuk mengartikulasi betapa istimewanya perangkat lunak ini di hati saya. Inilah yang pertama kali memperkenalkan saya pada hasrat untuk pengembangan aplikasi dan teknologi," katanya.

Ia juga mengatakan semuanya hanya suka melekat pada sejumlah kenangan masa kecil yang terpilih. "Begitu banyak dari saya yang menyertakan sistem operasi ini," ujarnya sebagaimana dilansir detikINET dari Ubergizmo, Minggu (13/6/2021).

Meski begitu, Kleinberg hampir yakin aplikasinya tidak akan disetujui untuk dirilis oleh Apple. Namun, bagi mereka yang tertarik untuk memeriksanya, iOS4 hasil modifikasi tersebut tersedia melalui TestFlight.



Simak Video "Spesifikasi iPhone 6s yang Masih Kebagian iOS 15"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)