Fitur Baru WhatsApp Hanya Sambangi Android, iPhone Tidak

Fitur Baru WhatsApp Hanya Sambangi Android, iPhone Tidak

Tim - detikInet
Jumat, 11 Jun 2021 18:16 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Aplikasi WhatsApp. Foto: dok. Rawpixel
Jakarta -

Berbagai macam fitur baru tengah dipersiapkan oleh WhatsApp yang mungkin segera diluncurkan secara luas. Salah satunya ternyata hanya akan menyambangi ponsel berbasis Android, tidak bisa digunakan di perangkat Apple khususnya iPhone dan iPad.

Fitur bersangkutan bernama Flash Calls yang saat ini dilaporkan sedang dalam tahap uji coba beta. Fitur ini dirasa akan lebih memudahkan pengguna untuk login ke akun WhatsApp.

Pada saat ini, user harus memasukkan 6 digit angka yang terkirim via SMS, untuk verifikasi akun WhatsApp. Nah dengan Flash Calls, pengguna tidak perlu lagi melakukannya karena WhatsApp akan memanggil ponsel pengguna secara otomatis. User tak perlu mengangkatnya karena akan terputus sendiri.

Seperti dikutip detikINET dari Independent, dengan langkah seperti itu, WhatsApp akan memverifikasi nomor ponsel di log pengguna, apakah sama dengan nomor yang menerima kode enam digit sebelumnya.

Kabarnya, verifikasi itu bisa otomatis multi perangkat. Artinya nanti akan lebih memudahkan ketika fitur baru WhatsApp di mana satu akun bisa digunakan di beberapa perangkat, telah diluncurkan.

Namun Flash Calls tidak akan bisa digunakan di perangkat Apple, sepertinya bukan karena WhatsApp tidak ingin, tapi karena Apple tidak menyediakan API publik di mana history panggilan bisa dibaca oleh aplikasi, dalam rangka menjaga privasi.

Namun Flash Calls bagi pengguna Android ini juga merupakan opsi, dalam arti, user yang merasa lebih nyaman dengan pengiriman kode verifikasi tetap bisa memilih metode lama itu. Flash Calls juga akan meminta persetujuan lebih dulu kepada user untuk membaca nomor ponsel. WhatsApp juga tidak akan akan mengakses data pengguna untuk keperluan lain.



Simak Video "WhatsApp Kini Bisa Dipakai di 4 Perangkat Sekaligus, Berikut Faktanya..."
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)