Instagram Uji Coba Unggah Foto Lewat Desktop

Instagram Uji Coba Unggah Foto Lewat Desktop

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 15 Mei 2021 20:20 WIB
Ilustrasi Instagram
Instagram Uji Coba Unggah Foto Lewat Desktop Foto: Youtube
Jakarta -

Instagram tengah menguji coba salah satu fitur yang paling banyak diminta pengguna. Aplikasi milik Facebook ini dikabarkan menjajal opsi mengunggah foto lewat desktop.

Fitur ini pertama kali ditemukan oleh developer dan analis aplikasi Alessandro Paluzzi lewat reverse engineering. Dalam beberapa foto yang diunggah di Twitter, Paluzzi menjelaskan cara mengunggah foto Instagram lewat desktop.

Foto tersebut menunjukkan tombol plus di kolom navigasi yang ada di bagian kanan atas layar. Tombol plus ini memiliki wujud yang sama dengan tombol yang digunakan untuk mengunggah foto baru di aplikasi Instagram untuk mobile.

Begitu diklik, Instagram akan meminta pengguna untuk memilih foto yang akan diunggah. Pengguna kemudian harus memilih rasio foto yang akan diposting, yaitu ukuran kotak (1:1), portrait (4:5) atau landscape (16:9).

Di layar berikutnya, pengguna bisa memilih filter yang telah disediakan oleh Instagram. Selanjutnya, pengguna bisa memasukkan caption, tag pengguna lain, menambah lokasi, dan lain-lain, seperti dikutip dari XDA Developers, Sabtu (15/5/2021).

Kemampuan untuk mengunggah foto sebenarnya termasuk fitur yang paling dasar untuk Instagram, tapi fitur ini tidak pernah tersedia untuk situs desktopnya. Saat ini pengguna yang ingin posting foto Instagram lewat desktop harus menggunakan cara yang cukup rumit.

Saat ini, situs desktop Instagram memiliki fungsi yang sangat terbatas yaitu melihat feed dan Stories, berkirim pesan lewat DM, dan menjelajahi tab Explore. Jadi tidak heran jika banyak pengguna yang ingin bisa mengunggah foto Instagram lewat desktop.

Paluzzi mengatakan fitur tersebut saat ini masih diuji coba secara internal dan ia tidak mengungkap kapan fitur ini akan tersedia secara publik. Tidak diketahui juga apakah fitur ini akan diperluas sehingga pengguna bisa mengunggah Stories, Reels, atau IGTV lewat desktop.



Simak Video "Instagram Suguhkan Fitur Guide yang Mirip Blog"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/agt)