Seperti Twitter, Facebook Uji Fitur Baca Dulu Sebelum Posting Ulang

Seperti Twitter, Facebook Uji Fitur Baca Dulu Sebelum Posting Ulang

Josina - detikInet
Selasa, 11 Mei 2021 18:47 WIB
Ilustrasi Facebook
Foto: Reuters
Jakarta -

Facebook dilaporkan telah memulai menguji fitur antarmuka baru yang akan memberikan notifikasi kepada pengguna untuk membuka tautan terlebih dahulu sebelum diposting ulang dengan akun mereka.

Facebook mengatakan sedang mencoba melihat fitur notifikasi tersebut apakah dapat mempromosikan lebih banyak informasi atau tidak.

Dalam tampilan antarmukanya Facebook akan memberikan peringatan untuk pengguna membuka dulu tautannya untuk dibaca sebelum mereka membagikan ulang.

"Berbagi artikel tanpa membacanya mungkin berarti kehilangan fakta-fakta kunci," tulis peringatan tersebut.

Nantinya pengguna akan diberikan dulu pilihan. Pengguna dapat membuka artikel atau memposting ulang seperti biasa.

Notifikasi ini mirip punya Twitter yang sudah diuji sejak September lalu. Setelah berbulan-bulan pengujian Twitter menemukan bahwa fitur tersebut sebagian besar berhasil membuat lebih banyak orang membaca artikel terlebih dahulu sebelum men-tweet kembali.

Dalam beberapa kasus, Twitter mengatakan permintaan itu bahkan membuat beberapa orang memilih untuk tidak me-retweet sama sekali.

Dilansir detikINET dari Engadget, Selasa (11/5/2021) di masa pandemi Facebook sebenarnya sudah menerapkan fitur tersebut di mana pengguna akan diminta mempertimbangkan kembali sebelum membagikan artikel lama dan terkait COVID-19.



Simak Video "Facebook Kembangkan Smartwatch Pertamanya"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)