Fitur Baru Google Meet Bikin Meeting Online Hemat Kuota dan Lebih Seru

Fitur Baru Google Meet Bikin Meeting Online Hemat Kuota dan Lebih Seru

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 22 Apr 2021 07:45 WIB
Google Meet
Googel Meet punya fitur baru. Foto: dok. Google
Jakarta -

Google Meet tengah menyiapkan update yang akan digulirkan dalam waktu dekat. Sejumlah fitur baru pun disematkan untuk memberikan pengalaman meeting online lebih hemat kuota dan lebih seru.

"Kami mengumumkan lebih banyak lagi cara Meet akan terus menyediakan rapat yang aman, andal, dan menarik, dimulai dengan tampilan web yang diperbarui dan fitur bermanfaat yang dibangun dengan kecerdasan buatan terbaru," tulis Google dalam blog resminya.

Nah berikut fitur baru yang segera hadir di Google Meet.

Hemat Kuota

Google akan meluncurkan fitur Data Saver. Ini akan membatasi penggunaan data saat kamu menggunakan koneksi seluler untuk meeting online. Dengan begitu orang-orang yang memiliki data terbatas dapat lebih menghemat kuotanya.


Desain Baru

Pengguna dimungkinkan memasang dan melepaskan pin dari tiles, baik partisipan maupun presentasi. Pengguna dapat memindahkan dan mengubah ukuran jendela.

Pengguna bisa memasang pin dan mengubah ukuran jendela. Foto: Google

Misalnya saat melakukan presentasi, begitu selesai, kamu bisa mengubah ukuran presentasi dan berinteraksi dengan partisipan lain selama sisa meeting. Kamu juga bisa men-highlight speaker tertentu untuk membuat tilenya lebih besar dari yang lainnya pada layarmu.

Pengguna diberikan kemampuan untuk mengubah ukuran, posisi, atau bahkan menyembunyikan sepenuhnya feed videonya sendiri. Hadirnya fitur ini, kata Google, karena banyak orang merasa bisa lebih konsentrasi ketika tidak melihat tiles mereka sendiri ketika berbicara.

Pengguna bisa mengubah ukuran, posisi dan menyembunyikan feed-nya.Pengguna bisa mengubah ukuran, posisi dan menyembunyikan feed-nya. Foto: Google

Kualitas video

Google menggunakan kecerdasan buatan untuk meningkatkan cara orang lain melihat kamu. Pertama, jika mendeteksi kekurangan cahaya, secara otomatis akan meningkatkan kecerahan feed kamu.

Google Meet secara otomatis meningkatkan kecerahan feed.Google Meet secara otomatis meningkatkan kecerahan feed. Foto: Google

Raksasa pencarian internet ini tidak menjelaskan apakah kemampuan tersebut hasil AI untuk menyesuaikan kecerahan atau hanya peningkatan eksposur sederhana. Terlepas dari itu, fitur ini akan sangat berguna mengingat banyak orang menggunakan webcam dengan kualitas video seadanya.

Google turut memperkenalkan fitur lain yang didukung oleh AI yang disebut Autozoom. Fitur ini membantu orang lain melihat kamu lebih jelas dengan memperbesar dan memposisikan kamu tepat di depan kamera. Namun fitur zoom otomatis ini akan tersedia untuk pelanggan Google Workspace (berbayar).

Latar Belakang

Kini tersedia latar belakang video.Kini tersedia latar belakang video. Foto: Google

Google akan menambahkan latar belakang yang menyenangkan. Akan ada video aktual yang dapat diputar di background saat kamu berbicara. Ini akan membantu menutupi area di sekitar sehingga membantu mereka yang memiliki rumah yang berantakan.

Saat diluncurkan ada tiga latar belakang yang bisa digunakan, yakni hutan, ruang kelas, dan pesta. Ke depannya Google berjanji bawa lebih banyak lagi.



Simak Video "Mulai 1 April 2021, Google Meet Gratis Bakal Dibatasi Cuma 1 Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)