Spotify Diam-diam Rilis Fitur Suara 'Hey Spotify'

Spotify Diam-diam Rilis Fitur Suara 'Hey Spotify'

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 09 Apr 2021 17:44 WIB
Ilustrasi Spotify
Foto: Mindra Purnomo
Jakarta -

Spotify diam-diam memperluas ketersediaan fitur suara. Pengguna Spotify bisa menggunakan perintah suara untuk menggunakan layanan streaming musik tersebut dengan mengucapkan, "Hey Spotify."

Pada 2019, Spotify mulai menguji perangkat untuk pemilik mobil yang dijuluki "Car Thing" yang memungkinkan pengguna Spotify Premium memutar musik dan podcast menggunakan perintah suara "Hey Spotify". Rupanya, sejak tahun lalu, Spotify mulai mengembangkan integrasi suara serupa ke dalam aplikasi mobile, sehingga akses ke fitur tersebut lebih luas.

Namun Spotify memilih untuk tidak mengumumkan secara resmi tambahan baru tersebut, meski banyak laporan pengguna yang menemukan opsi perintah suara di aplikasi Spotify mereka. Alhasil, banyak pengguna bingung, sebenarnya fitur ini sudah tersedia atau hanya sekadar uji coba?

Misalnya seperti pada laporan awal yang dikutip dari GSM Arena, Jumat (9/4/2021) menunjukkan seorang pengguna Spotify di Android dikirimi notifikasi yang memberi tahu tentang fitur tersebut. Notifikasi itu menyarankan pengguna cukup mengaktifkan mikrofon di ponsel dan ucapkan, "Hey Spotify, putar lagu favorit saya."

SpotifyFoto: GSM Arena

Saat di-tap, notifikasi itu menampilkan antarmuka baru Spotify yang meminta izin untuk menggunakan mikrofon. Jika pengguna mengizinkannya, mereka akan bisa meminta Spotify memutar musik yang ingin didengar secara lisan. Fitur tersebut juga hadir di Spotify untuk iOS.

SpotifyFoto: GSM Arena

Mengingat asal mula perintah suara "Hey Spotify" bermula dari fitur "Car Thing", ada spekulasi bahwa ketersediaannya di aplikasi mobile adalah sinyal bahwa Spotify siap meluncurkan perangkat buatannya sendiri dalam waktu dekat. Merespons laporan ini, Spotify belum memberikan komentar apapun.



Simak Video "Podcast Spotify Dianggap Gagal, Kenapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)