Facebook dan Telegram Ikut Bikin Fitur Mirip Clubhouse

Facebook dan Telegram Ikut Bikin Fitur Mirip Clubhouse

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 17 Mar 2021 18:34 WIB
Clubhouse
Facebook dan Telegram Ikut Bikin Fitur Mirip Clubhouse Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Banyak perusahaan teknologi yang ingin mengikuti kesuksesan Clubhouse dan meluncurkan fitur atau aplikasi audio chat miliknya sendiri. Seperti Facebook dan Telegram yang belum lama ini ketahuan mengembangkan kloningan Clubhouse.

Peneliti aplikasi Alessandro Paluzzi membagikan screenshot yang memperlihatkan fitur audio rooms yang sedang dikembangkan oleh Facebook. Screenshot tersebut memperlihatkan tampilan fitur tersebut, yang saat ini masih dalam tahap awal pengembangan.

Mockup tersebut mengindikasikan fitur baru ini akan memperbolehkan pengguna membuat percakapan baru dengan pengguna lainnya. Pengguna juga bisa mengundang pendengar dengan membagikan link, mengirimkannya di Messenger, menuliskannya di Facebook atau membagikannya ke grup.

Bocoran ini mengonfirmasi rumor yang menyebutkan Facebook sedang mengembangkan pesaing Clubhouse, tidak lama setelah CEO Facebook Mark Zuckerberg tiba-tiba muncul di aplikasi audio chat tersebut.

Selain Facebook, aplikasi lain yang ikut mengembangkan fitur mirip Clubhouse adalah Telegram. Fitur baru ini pertama kali ditemukan oleh TestingCatalog yang kemudian membagikan beberapa screenshot tampilannya.

Telegram bikin fitur mirip ClubhouseTelegram bikin fitur mirip Clubhouse Foto: TestingCatalog

Dari screenshot tersebut, bisa dilihat bahwa pengguna bisa memulai percakapan suara lewat Telegram Channel, baik menggunakan profil pribadi atau profil channel, seperti dikutip dari XDA Developer, Rabu (17/3/2021).

Begitu dimulai, percakapan akan ditampilkan sebagai overlay yang mengambang, jadi pengguna tetap bisa menggunakan aplikasi Telegram seperti biasa.

Fitur ini juga memungkinkan pengguna merekam percakapannya dan membagikannya di channel sebagai file audio. Opsi ini bisa diakses lewat menu di audio chat.

Telegram bikin fitur mirip ClubhouseTelegram bikin fitur mirip Clubhouse Foto: TestingCatalog

Saat ini fitur tersebut sudah tersedia di Telegram beta versi 7.6 dan kalian bisa mengaksesnya dengan mengunduh beta terbaru. Telegram belum membagikan informasi kapan versi ini akan dirilis secara publik, tapi kemungkinan akan mulai digulirkan dalam beberapa minggu ke depan.

Selain Facebook dan Telegram, aplikasi lainnya yang ikut meniru fitur Clubhouse adalah Instagram dan Twitter. Selagi yang lainnya sibuk mengikuti, Clubhouse justru sibuk mengembangkan aplikasi Android untuk memperluas jangkauannya.



Simak Video "Aplikasi Clubhouse Akhirnya Muncul di Android"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)