Selain WhatsApp, Ini Aplikasi Chat yang Bisa Kamu Pilih

Selain WhatsApp, Ini Aplikasi Chat yang Bisa Kamu Pilih

Aisyah Kamaliah - detikInet
Minggu, 24 Jan 2021 15:02 WIB
aplikasi pesan instant
Foto: Ilustrasi aplikasi pesan instant yang bisa digunakan selain WhatsApp. (detikINET/Fino Yurio Kristo)
Jakarta -

Semenjak aturan kebijakan privasi baru WhatsApp diumumkan, banyak orang yang merasa tidak nyaman dan memutuskan untuk meninggalkan platform tersebut. Kendati aturan terbaru itu diundur penerapannya menjadi Mei, segelintir orang memilih untuk move on dari WhatsApp.

Sebenarnya, selain WhatsApp, ada banyak aplikasi chat yang bisa kamu gunakan lho, detikers. Berikut ini beberapa di antaranya dirangkum detikINET, Minggu (24/1/2021). Supaya makin banyak dan beragam, kamu bisa menuliskan juga aplikasi lain yang biasa kamu pakai untuk bertukar pesan di kolom komentar, ya.

1. Wechat

WeChat merupakan komunikasi pesan suara dan teks yang dikembangkan oleh Tencent, Tiongkok. Aplikasi ini dapat digunakan pada banyak sistem operasi mulai Android, iPhone, sampai Windows Phone serta platform Symbian.

Aplikasi ini memang populer dipakai di negeri asalnya. Namun di Indonesia pun, Wechat terbilang aplikasi yang lumayan punya nama.

2. LINE

LINE dikembangkan oleh NHN Corporation perusahaan asal Jepang. Selain memiliki fitur yang sama dengan aplikasi pesan lainnya, LINE juga terkenal menyediakan sticker-sticker lucu yang bisa dipakai sembari bertukar pesan.

3. Telegram

Telegram sering disebut-sebut sebagai kompetitor unggulan. Fitur yang ada 11-12 dengan WhatsApp dan dipercaya memiliki sistem keamanan yang baik. Sejumlah tokoh seperti Presiden Turki Erdogan baru-baru ini memutuskan untuk pindah menggunakan Telegram untuk menjaga privasi lebih.

4. Signal

Sama halnya dengan Telegram, Signal juga masuk aplikasi yang banyak dijadikan tempat 'hijrah' pengguna WhatsApp setelah adanya kebijakan privasi baru. Signal juga dinilai banyak ahli memiliki keamanan yang tinggi sehingga cocok untuk kamu yang sangat mengkhawatirkan keamanan data.

5. Palapa

Yang cinta Indonesia dan produk lokal bisa nih mencoba aplikasi chat karya anak bangsa. Palapa merupakan generasi baru dari aplikasi PeSankita Indonesia. Di Google Play Store sudah diunduh 10 ribu lebih.



Simak Video "WhatsApp Kembangkan Fitur Baru: Kirim Foto Jadi Stiker"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)