Signal Uji Coba Sederet Fitur Mirip WhatsApp

Blunder WhatsApp

Signal Uji Coba Sederet Fitur Mirip WhatsApp

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 23 Jan 2021 22:10 WIB
Aplikasi Signal
Signal Uji Coba Sederet Fitur Mirip WhatsApp Foto: (Android Authority)
Jakarta -

Sejak WhatsApp mengenalkan kebijakan privasi terbarunya yang kontroversial, Signal menjadi salah satu aplikasi pesaing yang kebanjiran pengguna baru. Untuk memudahkan pengguna yang migrasi dari WhatsApp, Signal mengenalkan banyak fitur baru yang sebelumnya sudah dimiliki WhatsApp.

Meski dikenal sebagai salah satu aplikasi messaging yang paling aman, Signal tidak begitu kaya fitur jika dibandingkan dengan WhatsApp atau Telegram. Tapi dengan update terbaru ini, Signal sepertinya makin serius untuk menggaet lebih banyak pengguna WhatsApp.

Fitur pertama yang dikenalkan adalah wallpaper untuk chat. Sebelumnya Signal tidak memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengganti wallpaper.

Fitur baru SignalFitur wallpaper di Signal Foto: WABetaInfo

Dengan fitur baru ini, pengguna bisa mengganti wallpaper di masing-masing halaman chat, menggunakan warna solid, dan swipe untuk melihat preview wallpaper sebelum dipilih. Fitur ini terlihat sangat mirip dengan fitur Advanced Wallpaper Features yang ada di WhatsApp.

Signal juga menambahkan fitur About yang membantu pengguna untuk menuliskan status atau mengenalkan dirinya secara singkat yang bisa dilihat di info kontak. Sebelumnya pengguna Signal hanya bisa mengatur nama dan foto profil.

Fitur baru SignalMenambahkan status di aplikasi Signal Foto: WABetaInfo

Update terbaru ini juga membawa dukungan stiker animasi dan meluncurkan paket stiker animasi pertama bernama 'Day by Day. Signal juga menawarkan kemampuan untuk membuat stiker animasi dari aplikasi Signal untuk desktop, seperti dikutip dari WABetaInfo, Sabtu (23/1/2021).

Selain itu ada juga mode low data untuk membuat panggilan suara dengan menggunakan paket data dengan lebih sedikit. Pengguna Signal juga bisa menetapkan preferensinya saat mengunduh media, apakah ingin diunduh secara otomatis atau manual.

Signal saat ini sudah memiliki fitur panggilan grup, tapi hanya terbatas untuk lima partisipan. Dengan update ini, Signal menaikkan batas maksimalnya menjadi delapan orang, sama seperti WhatsApp.

Terakhir, Signal juga menghadirkan fitur yang membantu pengguna untuk membuat tautan berisi undangan yang bisa dibagikan ke pengguna Signal untuk bergabung ke dalam grup yang baru saja dibuat.



Simak Video "Aplikasi Signal Pantang Menyerah Meski Diblokir di Iran"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)