10 Aplikasi Penerjemah Selain Google Translate yang Bisa Digunakan

10 Aplikasi Penerjemah Selain Google Translate yang Bisa Digunakan

Rosmha Widiyani - detikInet
Kamis, 21 Jan 2021 17:30 WIB
concept search, customer service operator woman with headset, globe, flags and magnifying glass
10 Aplikasi Penerjemah Selain Google Translate yang Bisa Digunakan (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Google Translate mungkin masih jadi aplikasi penerjemah pilihan bagi sebagian besar pengguna internet. Namun Google Translate ternyata bukan satu-satunya aplikasi yang bisa digunakan saat mengalami kesulitan berbahasa asing.

Dikutip dari FluentU, Kamis (21/1/2021) sedikitnya ada 10 aplikasi penerjemah yang saat ini bisa digunakan. Sebagian aplikasi dapat digunakan di gadget berbasis android dan iOS atau salah satunya.

Berikut 10 aplikasi penerjemah selain Google Translate

1. Translate Now

Aplikasi yang tersedia untuk pengguna iOS dan android ini bisa membantu komunikasi dalam berbagai bahasa asing. Terutama yang digunakan di kawasan Asia dengan berbagai gaya dan cara pengucapan (dialek).

Translate Now bisa menerjemahkan bahasa lewat teks dan suara, sehingga pengguna bisa mendapatkan hasil terjemahan lebih cepat. Untuk suara, pengguna cukup langsung mengucapkannya di aplikasi tanpa harus mengetik di gadget.

2. Language Translator and Voice

Language Translator and Voice sangat disarankan bagi turis, pelajar, dan siapa saja yang sedang mempelajari bahasa asing. Aplikasi yang meng-cover lebih dari 100 bahasa ini dapat langsung mendeteksi bahasa asing yang digunakan.

Sebagai aplikasi penerjemah instan, Language Translator and Voice dapat langsung mengatasi kesulitan komunikasi global. Dengan hasil terjemah yang tidak perlu menunggu lama, aplikasi ini sangat cocok bagi yang sering mengalami keterbatasan bahasa.

3. Translator with Speech

Aplikasi yang tersedia bagi pengguna android dan iOS ini cocok bagi yang ingin bermain sambil belajar bahasa. FluentU menyebutnya sebagai entertaining app, yang bisa jadi teman saat sedang dalam perjalanan dan mengalami kesulitan bahasa asing.

Translator with Speech meng-cover sekitar 92 bahasa termasuk yang tidak banyak digunakan misal Chichewa, Azerbaijani, Croatian, Swahili, Telugu, dan Romanian. Aplikasi juga menyediakan layanan cara mengucapkan bahasa asing yang benar, sehingga pengguna tak perlu khawatir salah pengucapan.

4. Travel Phrasebook

Traveler pengguna android dan iOS tak perlu khawatir mengalami kesulitan berbahasa di negara orang. Aplikasi ini mencakup kata dan kalimat penting yang wajib diketahui saat berada di negara lain. Semua topik komunikasi dasar ditandai dengan gambar misal cara menyapa, makan, penyebutan nomor, dan tema lainnya.

Aplikasi ini juga cocok bagi yang sedang melatih cara berbicara dalam bahasa asing. Salah satu layanan yang disediakan adalah merekam diri sendiri saat mengucapkan kata atau kalimat. Pengguna bisa membandingkannya dengan suara native speaker dalam aplikasi, sehingga bisa diketahui kesalahan dan cara memperbaikinya.

5. iTranslate

Aplikasi iTranslate tersedia dalam bentuk gratis atau berbayar bagi pengguna iOS dan android. Kelebihan iTranslate adalah kemampuan menerjemahkan dictation bagi yang sedang belajar bahasa asing.

Fitur unggulan lain aplikasi ini adalah kemampuan memutar playback rekaman dan menurunkan kecepatannya. Fungsi ini mengurangi risiko salah pengucapan dan salah paham saat berkomunikasi.

Halaman selanjutnya: TripLingo sampai iHandy...



Simak Video "Kini Gmail Bisa Digunakan untuk Telepon dan Video Call"
[Gambas:Video 20detik]