Saingi Spotify, Apple Bakal Luncurkan Podcast Berlangganan

Saingi Spotify, Apple Bakal Luncurkan Podcast Berlangganan

Josina - detikInet
Rabu, 20 Jan 2021 22:10 WIB
A demonstration of the newly released Apple products is seen following the product launch event at the Steve Jobs Theater in Cupertino, California, U.S. September 12, 2018. REUTERS/Stephen Lam
Foto: Stephen Lam/Reuters
Jakarta -

Saat ini konten podcast di Apple cukup banyak tersedia secara gratis. Namun, demi bisa lebih bersaing dengan Spotify dan untuk menarik lebih banyak podcaster atau pembuat konten ke platformnya, Apple berencana untuk meluncurkan layanan berlanggan podcast mereka sendiri.

Hal tersebut diketahui dari laporan The Information. Apple sendiri sudah lama menawarkan pengguna kemampuan untuk mendengarkan podcast melalui aplikasi Podcast yang tersedia di iOS dan Mac. Namun hingga saat ini Apple belum pernah benar-benar mengkomersilkannya.

Podcat kini semakin populer dalam beberapa tahun terakhir ini. Seperti Spotify yang tak hanya menawarkan streaming lagu-lagu tapi juga konten podcast.

Bahkan Spotify sendiri telah melakukan akuisisi besar-besarn di mana mereka berhasil meyakinkan pembawa acara podcast populer dan komentator UFC Joe Rogan untuk membuat podcast eksklusif di platformnya.

Melihat peluang tersebut dengan memonetisasi podcat dapat mendorong lebih banyak orang untuk membuat podcast dan bergabung dengan platform Apple.

Apple juga dapat membuat lebih banyak podcast 'premium' tersedia melalui layangan berlangganan.

Sayangnya tidak ada kabar yang pasti kapan Apple akan meluncurkan layanan ini, namun jika diumumkan kemungkinan besar akan diumumkan pada acara WWDC 2021 yang diselenggarakan pada pertengahan tahun sebagaimana dilansir detiKINET dari Ubergizmo, Rabu (21/1/2021).



Simak Video "Podcast Spotify Dianggap Gagal, Kenapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)