Ragam Inovasi Fitur Tokopedia untuk Pengguna Android dan iOS

Ragam Inovasi Fitur Tokopedia untuk Pengguna Android dan iOS

Erika Dyah Fitriani - detikInet
Rabu, 20 Jan 2021 16:00 WIB
Tokopedia
Foto: Tokopedia
Jakarta -

Aplikasi Tokopedia terus berinovasi menyajikan berbagai update fitur yang dapat memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi digital. Atas inovasi tersebut, Tokopedia menjadi salah satu aplikasi Android terbaik di dunia.

Capaian Tokopedia sebagai aplikasi terbaik tampak dari terpilihnya aplikasi ini untuk masuk dalam Android Excellence App di Google Play Store. Tak hanya itu, Tokopedia juga menjadi aplikasi e-commerce (kategori 'Belanja') pertama asal Indonesia yang berhasil masuk ke dalam kategori Android Excellence App. Selain berjaya di Android, Tokopedia juga berhasil masuk dalam kategori Great on iOS di AppStore.

Inovasi yang dilakukan Tokopedia di iOS dan Android memiliki karakteristik berbeda pada fiturnya bergantung pada masing-masing sistem operasi tersebut. Dikutip dari berbagai sumber, berikut sederet inovasi di aplikasi Android dan iOS Tokopedia yang memudahkan para penggunanya.

Android

  • Dynamic Features

Menilik pada kebutuhan serta spesifikasi perangkat Android pengguna, Tokopedia menyesuaikan ukuran aplikasinya untuk dapat diakses dengan mudah dan nyaman tanpa gangguan. Melalui fitur yang dinamis, Tokopedia menghemat ruang memori hingga 27% pada aplikasinya di Android.

  • App Action & Google Assistant

Melalui inovasi ini, pengguna dapat mengakses aplikasi Tokopedia melalui perintah suara tanpa harus membuka aplikasi. Dengan cepat dan mudah, aplikasi akan segera terbuka dan Anda dapat langsung bertransaksi di Tokopedia.

  • Voice to Text di Search Bar

Ingin mencari barang maupun kebutuhan Anda di Tokopedia dengan cara berbeda? Anda tak perlu mengetik satu persatu barang yang akan dipilih, karena dengan fitur Voice to Text di Search Bar pencarian barang melalui kolom pencarian Tokopedia dapat dilakukan dengan suara.

  • NFC

Fitur Near-Field Communication (NFC) yang tersedia di Android turut dimanfaatkan Tokopedia dalam melakukan inovasi fiturnya. Adaptasi ini menjadikan Tokopedia sebagai perusahaan teknologi Indonesia pertama yang menghadirkan fitur NFC di 2018. Dengan fitur NFC, pengguna perangkat Android dapat melakukan pembelian dan pembaharuan saldo kartu uang elektronik di Tokopedia dengan lebih mudah dan cepat.

  • Android App Shortcut

Fitur Android App Shortcut mendukung kepraktisan pengguna Tokopedia dalam mengakses aplikasi ini. Hanya dengan sekali tap (ketuk) pada ikon aplikasi Tokopedia di halaman ponsel, pengguna akan langsung diarahkan ke layanan yang dibutuhkan.

iOS

  • Dark Mode

Bagi pengguna iOS, Tokopedia memberi fitur inovasi dengan melakukan konversi halaman menjadi dark mode mencapai 90%. Dengan adanya fitur dark mode, diharapkan pengguna dapat lebih nyaman saat mengakses Tokopedia, terutama saat malam hari. Selain itu fitur ini juga diusahakan dapat menghemat daya dengan lebih baik.

  • NFC

Fitur NFC yang tersedia di iPhone memungkinkan pengguna iOS Tokopedia melakukan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan saldo kartu uang elektronik untuk melakukan pembayaran. Di antaranya pengecekan, pengisian, dan pembaharuan langsung dari perangkat pribadi yang serba mudah dan cepat.

  • Widget Tokopedia di iOS 14

Adanya Widget Tokopedia di iOS 14 memberi kemudahan pengguna untuk mengakses aplikasi Tokopedia dari homepage tanpa harus membuka aplikasi itu sendiri. Misalnya, untuk memantau transaksi atau berkomunikasi dengan penjual maupun pembeli

  • Tokopedia di Apple Watch

Bagi Anda pengguna iPhone yang juga menggunakan Apple Watch, Tokopedia menawarkan kemudahan untuk dapat mengakses aplikasinya melalui smartwatch keluaran Apple. Melalui Apple Watch, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas di Tokopedia seperti mencari produk, memantau status pembelian, juga mengecek notifikasi.



Simak Video "Dikabarkan Mau Merger, Ini Respons Gojek-Tokopedia"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fay)