Twitter Punya Panduan di Pilkada 2020, Yuk Simak!

Twitter Punya Panduan di Pilkada 2020, Yuk Simak!

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 04 Des 2020 17:35 WIB
Simulasi pelaksanaan Pilkada 2020 digelar di Tangerang Selatan. Dalam simulasi itu terlihat pelaksanaan Pilkada 2020 digelar dengan terapkan protokol kesehatan.
Foto: ANTARA FOTO/FAUZAN
Jakarta -

Sebagai media sosial (medsos), Twitter acapkali menjadi tempat percakapan para netizen yang tak ayal bikin trending topic, tak terkecuali dengan Pilkada 2020. Nah, Twitter memberikan semacam panduan untuk memantau #Pilkada2020 di platform ini.

"Menjelang Pilkada 2020, Twitter telah menjadi tujuan bagi masyarakat untuk mencari tahu berita terkini tentang kandidat, partai politik, dan berbagai topik yang penting bagi mereka," tulis Twitter dalam blognya seperti dilihat Jumat (4/12/2020).

Twitter mencatat dalam seminggu terakhir, tepatnya pada 23-30 November 2020, setidaknya ada 130 ribu tweet yang berkaitan dengan Pilkada 2020. Sebagai informasi, Pilkada 2020 ini sendiri akan berjalan pada 9 Desember 2020 yang dilakukan secara serentak untuk memilih 270 kepala daerahnya.

Selama periode pemilu, Twitter mengambil langkah penting untuk melindungi percakapan publik agar setiap orang dapat memperoleh informasi terpercaya dan terkini secara real-time.

Twitter mengatakan telah bekerja keras untuk memastikan kandidat dan berbagai pihak terkait, termasuk para pemilih, dapat menggunakan layanannya secara terbuka; terlepas dari lokasi atau preferensi politik mereka.

"Kami berharap masyarakat Indonesia dapat memperoleh informasi dari berbagai sisi di Twitter dan berpartisipasi dalam percakapan seputar Pilkada 2020 yang akan datang," harapnya.

Untuk itu, Twitter memaparkan lima panduan memantau #pilkada2020, yaitu sebagai berikut:

1. Twitter telah meluncurkan beberapa inisiatif untuk menginformasikan beberapa pembaruan terkini terkait Pilkada.

Bekerja sama dengan organisasi sipil (@Perludem) dan komisi pemilu (@KPU_ID), Twitter telah memberikan pelatihan kepada para partai politik peserta Pilkada 2020 dan organisasi sipil tentang cara menggunakan Twitter untuk mendorong diskusi yang sehat di layanannya.

2. Emoji spesial untuk Pilkada 2020

Untuk mendorong orang memilih dan berpartisipasi dalam percakapan sipil yang sehat, Twitter telah meluncurkan emoji spesial Pilkada 2020.

Bergambar kotak yang digunakan saat pengambilan suara, emoji Pilkada ini dapat digunakan hingga 16 Desember 2020 dan dapat diaktifkan menggunakan beberapa tagar berikut: #Pilkada2020, #PilkadaSerentak2020, #Pilkada2020Serentak.

3. Gunakan Twitter List untuk terus dapatkan informasi terkini dari akun-akun terkait Pilkada 2020 di Twitter

Selain dapat membuat Twitter List sendiri;kalian dapat mengikuti atau subscribe ke Twitter List yang sudah dikurasi untuk dapat mengikuti berita terkini terkait pelaksanaan Pilkada yang akan datang.

Disebutkan bahwa Twitter List ini berisi daftar akun resmi partai politik, kandidat, mitra LSM, serta media di Indonesia.

>>>>> Halaman berikutnya Melindungi Integritas Pilkada di Twitter dan akun resmi peserta Pilkada 2020