Aplikasi Muslim Pro Jual Data, Ini 7 Alternatif Penggantinya

Aplikasi Muslim Pro Jual Data, Ini 7 Alternatif Penggantinya

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 17 Nov 2020 15:32 WIB
aplikasi islami kesan
Foto: dok KESAN
Jakarta -

Pengguna Muslim Pro merasa kecewa usai mendengar kabar data pengguna dijual ke pihak militer AS. Jangan khaawatir, ada banyak aplikasi alternatif yang bisa digunakan. Tidak hanya kemampuan yang sama, beberapa di antaranya buatan anak bangsa.

Dihimpun detikINET, Selasa (17/11/2020) berikut ini 7 aplikasi selain Muslim Pro untuk pemantau jadwal salat, arah kiblat dan baca Al Qur'an yang bisa kamu gunakan:

1. Umma

UmmaUmma Foto: Umma

Selain menyediakan informasi waktu sholat, aplikasi Umma punya fitur petunjuk arah kiblat. Dan belum lama ini Umma menghadirkan fitur baru bernama uClass untuk memudahkan penggunanya belajar agama secara online.

Pengguna bisa mengakses kelas-kelas yang ada dengan membayar sesuai harga kelas yang ditetapkan. Materi kelas yang ditawarkan uClass datang dari ustadz, ustadzah dan pemateri lainnya. Selain itu Umma juga bekerjasama dengan Rumah Tahfidz dan Rumah Siap Kerja untuk menyediakan materi belajar di uClass.

Materi belajar ini disampaikan dalam dua medium yaitu livestreaming yang dilangsungkan secara langsung dan memungkinkan pemateri untuk berinteraksi dengan partisipan, dan video yang bisa diakses pengguna kapan saja.


2. Kesan

Aplikasi ini dijadikan untuk membantu pengguna menjadi pribadi muslim yang lebih baik. Dengan fitur alarm kebaikan, pengguna senantiasa diingatkan untuk melakukan amalan yang positif dan Islami melalui notifikasi relevan dan aktual.

Selain tersedia informasi waktu salat, baca Al Qur'an, Hadits, Arah Kiblat, disediakan pula Kitab Kuning dan beraneka kumpulan doa serta dzikir.

aplikasi islami kesanaplikasi islami kesan Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

3. Yaumi

Yaumi adalah aplikasi Android yang menyasar anak muda dengan banyak fitur bermanfaat yang akan membantu melakukan evaluasi ibadah harian. Tidak cuma itu, dengan aplikasi Yaumi bisa meningkatkan produktivitas dan kapasitas diri berkat adanya fitur Jurnal.

Pengguna pun dapat menambah wawasan dengan konten-konten Islami, menambah teman dan saat Ramadhan ada program pesantren kilat digital.

aplikasi islami kesanaplikasi Yaumi Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

4. Salaam

Aplikasi Islam dari Samsung Indonesia yang menggunakan Al-Qur'an versi digital yang telah mendapatkan Sertifikat Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Salaam juga menyediakan pengingat waktu salat berdasarkan lokasi. Serta secara otomatis deteksi arah kiblat sesuai dengan posisi pengguna. Tak kalah menariknya tersedia konten harian antara lain Hadits, Ayat, Doa, Kontekstual berdasarkan kalender Islam. Tidak kalah dengan Muslim Pro.

Aplikasi waktu salat buatan SamsungSalaam Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Halaman selanjutnya: Qurma sampai Hanif...