Google Hangouts Mulai Dimatikan, Pengguna Dipindahkan ke Google Chat

Google Hangouts Mulai Dimatikan, Pengguna Dipindahkan ke Google Chat

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 16 Okt 2020 22:35 WIB
Google Hangouts
Google Hangouts Mulai Dimatikan, Pengguna Dipindahkan ke Google Chat (Foto: istimewa)
Jakarta -

Google memulai proses mematikan layanan Hangouts dan akan memindahkan penggunanya ke Google Chat. Hal ini tidak mengejutkan karena pada tahun 2018 Google mengumumkan akan memensiunkan Hangouts pada tahun 2020.

Dalam postingan blognya, Google mengatakan masa transisi pengguna dari Hangouts ke Chat pada paruh pertama 2021. Nantinya Google akan memberikan panduan untuk memindahkan semua percakapan, tapi belum diketahui jadwal pastinya.

"Mulai paruh pertama 2021, semua orang bisa mulai upgrade dari Hangouts ke Chat," tulis Google dalam blognya seperti dikutip detikINET dari Cnet, Jumat (16/10/2020).

"Untuk memastikan transisi yang mulus, kami akan membantu memindahkan percakapan Hangouts kalian secara otomatis, bersama dengan kontak dan history yang tersimpan," sambungnya.

Jika nama Chat terdengar kurang familiar, layanan mirip Slack ini awalnya hanya tersedia untuk pengguna bisnis yang memiliki akses terhadap G Suite/Workplace. Karena semua pengguna Hangouts dialihkan ke Chat, layanan ini sekarang digratiskan untuk semua pengguna.

Google mengatakan perpindahan dari Hangouts ke Chat akan dilakukan secara bertahap. Jadi akan ada periode di mana kedua layanan messaging tetap tersedia.

Akhirnya, semua pengguna Hangouts, baik yang gratis atau yang terdaftar di Workspace, akan dipindahkan ke Chat. Setelah selesai, Chat akan menggantikan Hangouts sepenuhnya.

Walau tidak sepenuhnya mirip Hangouts, Chat sebenarnya memiliki fitur tambahan untuk percakapan dan kolaborasi di dalam grup, sekaligus fitur keamanan baru. Nantinya Chat akan diintegrasikan dengan aplikasi Gmail bersama dengan Rooms dan Meet.

Selain itu Google juga menghapus dukungan Hangouts untuk Google Fi mulai awal tahun depan. Pengguna Fi tidak bisa lagi membuat panggilan telepon dan mengatur pesannya lewat Hangouts, dan kemampuan tersebut dipindahkan ke aplikasi Messages.

Google juga akan menghapus dukungan Google Voice dari Hangouts. Untuk melakukan panggilan dan mengirim pesan, pengguna Hangouts akan diarahkan ke aplikasi Voice.

Untuk pengguna Hangouts di Amerika Serikat dan Eropa, kemampuan untuk menelepon lewat Hangouts akan dihilangkan pada awal tahun depan. Sedangkan panggilan video grup akan dipindahkan ke Meet mulai November.

Semua perpindahan di atas memang sedikit membingungkan, tapi Google memang sering membuat bingung penggunanya karena memiliki terlalu banyak aplikasi messaging. Saat ini saja mereka memiliki Hangouts, Meet, Chat, dan Duo, belum lagi layanan yang sudah tamat seperti Allo.



Simak Video "Tampilan Baru Logo Ikon Gmail hingga Chrome"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)