YouTube Hapus Ujicoba Fitur PiP di Aplikasi iOS

YouTube Hapus Ujicoba Fitur PiP di Aplikasi iOS

Josina - detikInet
Senin, 21 Sep 2020 11:15 WIB
Ilustrasi Google, ilustrasi YouTube, dan ilustrasi Facebook
(Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Pada bulan Agustus lalu YouTube dilaporkan tengah menguji fitur picture-in-picture untuk aplikasi iOS 14. Dengan PiP memungkinkan pengguna dapat memainkan video atau navigasi peta dalam tampilan floating window.

Alhasil pengguna bisa menggunakan aplikasi lain secara bersamaan dalam satu layar.

Namun sampai saat ini YouTube belum memperbarui aplikasi. Yang artinya pengguna yang ingin mencoba picture-in-picture harus menggunakan YouTube.com pada Safari pada iPhone mereka.

Dilansir detikINET dari Ubergizmo, Senin (21/9/2020) menurut laporan dari MacRumors, tampaknya YouTube menghapus dukungan picture-in-picture ini pada tampilan YouTube.com di iPhone.

Saat ini ketika pengguna mencoba untuk mengaktifkan fitur tersebut, fitur tersebut bekerja sesaat sebelum menghilang.

Tidak jelas apakah ini sebuah bug atau apakah memang YouTube menghapusnya karena sebelumnya fitur tersebut berfungsi dengan baik untuk semua pengguna.

Namun anehnya, fitur tersebut tampaknya masih berjalan dengan baik jika pengguna menonton video YouTube yang disematkan di situs web. Hal ini pun muncul beberapa spekulasi bahwa ini mungkin cara YouTube untuk mencegah pengguna non-Premium mengakses fitur ini.

Sebab fitur picture-in-picture masih berfungsi di YouTube versi iPad, meskipun pengguna tidak berlangganan Premium. Hal ini pun berpendapat bawa pengguna iPhone hanya perlu menunggu perusahaan untuk memperbarui aplikasi iOS-nya jika ingin memanfaatkan fitur baru.



Simak Video "Tanpa Gimik Sensasi, Cara 'Frost Diamond' Gaet Jutaan Penonton di YouTube!"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)