Apple Music Tumbuh Lebih Cepat Dibanding Spotify

Apple Music Tumbuh Lebih Cepat Dibanding Spotify

Josina - detikInet
Minggu, 06 Sep 2020 16:17 WIB
Layanan  Musik Streaming
Pertumbuhan Apple Music Lebih Cepat Dibanding Spotify. (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Dalam hal streaming musik, Spotify diakui menang atas Apple Music. Namun demikian, tampaknya Spotify kalah untuk kecepatan mengkonversi pelanggannya dibandingkan Apple Music.

Dalam sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh Loup Ventures menunjukkan, tingkat konversi Apple Music terhadap pelanggan sebanyak 2,5 kali lipat dibandingkan Spotify.

Artinya, Apple telah berhasil meyakinkan pelanggannya untuk menggunakan layanan Apple Music jauh lebih cepat dibandingkan Spotfy. Studi tersebut menemukan bahwa pada bahwa pada Juni 2020, pertumbuhan kuartal-ke-kuartal Apple berada pada 10%, sedangkan Spotify 6%.

Menurut Loup Ventures, angka yang diperoleh Spotify ini karena secara keseluruhan Spotify sudah sangat besar, jadi pertumbuhan mereka melambat.

"Kami yakin konversi yang lebih cepat ini didorong oleh penilaian konsumen terhadap pengalaman terintegrasi, yang disediakan oleh kepemilikan Apple atas iOS," tulis Loup Ventures.

"Secara terpisah, pemilik iOS memiliki pendapatan yang dapat dibuang lebih banyak daripada rata-rata pemilik Android yang juga berperan dalam penambahan pelanggan berbayar," komentar Gene Munster dari Loup Ventures dikutip detikINET dari Ubergizmo.

Namun demikian, Apple Music dikatakan masih cukup jauh untuk menyamai jumlah pelanggan berbayar Spotify, yang masing-masing mencapai 82 juta dan 138 juta.

Selain itu, mengingat Spotify memiliki layanan gratis, basis pelanggan layanannya secara keseluruhan jauh lebih besar.

Simak juga video 'Langganan Netflix hingga Spotify Kena Pajak 10% Mulai 1 Agustus':

[Gambas:Video 20detik]



(jsn/jsn)