Sebelum WhatsApp, Layanan Pesan Instan Jadul Ini Populer Banget - Halaman 2

Sebelum WhatsApp, Layanan Pesan Instan Jadul Ini Populer Banget

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 18 Jul 2020 20:16 WIB
smartphone
Foto: shutterstock

Mig33

Mig33 lahir 2005. Banyak yang menyukai aplikasi ini lantaran bisa digunakan di ponsel berbasis GPRS. Selain itu tidak sekadar berkirim pesan, pengguna dapat melakukan panggilan berbasis VoIP.

Dan paling difavoritkan memungkinkan pengguna berkirim hadiah virtual. Tidak mengherankan bila penggunanya di Indonesia sempat menembus 15 juta.

Mig33 sempat berganti nama menjadi MigMe. Sayangnya umur layanan ini terhenti di 26 November 2017.

MIRCMig33 Foto: Istimewa

Windows Live Messenger

Layanan ini mirip Yahoo Messenger, dibuat Microsoft pada 1999. Awalnya bernama MSN Messenger, kemudian berganti menjadi Windows Live Messenger.

Jumlah pengguna sempat tembus 330 juta di seluruh dunia. Salah satu fitur favoritnya kemampuan berkirim file dan folder.

Sayangnya setelah Skype diakusisi, Windows Live Messenger diputuskan ditutup oleh Microsoft pada 2012. Pengguna pun dipindahkan ke Skype yang menawarkan kemampuan panggilan video.

MIRCWindows Live Messenger. Foto: Maldiva

ICQ

I Seek You atau lebih dikenal dengan ICQ termasuk paling populer di zamannya. Mulai beroperasi 1996, dikembangkan dipopulerkan oleh perusahaan Israel, Mirabilis.

Namun hak paten perangkat ini kemudian dibeli oleh perusahaan America Online (AOL). ICQ menghadirkan banyak fitur, mulai dari pengiriman pesan singkat, chatting dengan banyak pengguna dalam waktu yang bersamaan, mengirimkan file dan kartu ucapan, memainkan game dan lainnya.

Kendati tampilan sederhana dari lainnya toh tetap banyak yang menggunakannya. Mungkin karena notifikasi berupa suara "Uh,oh!".

Saat ini ICQ masih bisa digunakan. Tampilannya lebih menarik dan punya fitur panggilan video grup hingga 30 partisipan. Sayang kepopulerannya tertutup WhatsApp dan Zoom.

MIRCTampiln ICQ Foto: TechSpot



Simak Video "WhatsApp Kembangkan Fitur Baru: Kirim Foto Jadi Stiker"
[Gambas:Video 20detik]