Kesederhanaan One UI 2.0 di Ponsel Samsung

Kesederhanaan One UI 2.0 di Ponsel Samsung

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 15 Jun 2020 10:15 WIB
One UI 2.0
One UI 2.0 Foto: Samsung
Jakarta -

Jika kamu penggemar setia ponsel Samsung, pastilah mengikuti perubahan user interface (UI) sistem operasinya. Dimulai dari TouchWiz hingga kini menggunakan One UI.

Upaya Samsung agar penggunanya lebih mudah memakai ponselnya cukup berhasil. One UI dirasakan lebih sederhana dan nyaman digunakan ketimbang TouchWiz.

Cikal bakal One UI lahir 2016 silam. Kala itu Samsung coba membuat UI yang memberikan pengalaman berbeda dari sebelumnya. Maka diperkenalkanlah User Experience (UX) berbasis Android Nougat.

Dua tahun berselang, vendor asal Korea Selatan ini mempermak UX menjadi One UI. UI terbaru ini dipamerkan pertama kali di perhelatan Samsung Developer Conference di San Francisco, Amerika Serikat, pada November 2018.

Salah satu desainer One UI Soyeon Lim memaparkan konsep One UI dimulai dengan ide untuk membantu pengguna yang sibuk saat ini agar tetap fokus
dengan menyederhanakan interaksi di smartphone mereka. Karenanya proses mendesain antarmuka dilakukan berdasarkan konsep kesederhanaan dengan menghilangkan gangguan.

One UI 2.0Tim desainer One UI 2.0 Foto: Samsung

Samsung terus menyempurnakan user interfacenya itu. Kini One UI sudah telah dirilis versi kedua. Tetap mengedepankan kesederhanaan dengan membawa sejumlah perubahan yang bikin pengguna nyaman.

Layar pop-up di bagian atas dan bawah layar dibuat lebih ringkas dan sederhana agar pengguna tidak terganggu ketika menggunakan fitur. Aplikasi kamera juga telah disederhanakan untuk memastikan fungsi kamera tidak terhambat, dan mencegah pengguna terganggu ketika mereka sedang mengambil gambar.

"Mode standar untuk foto dan video dapat diakses di bagian bawah layar, sedangkan mode khusus seperti makanan dan pemandangan malam hari dapat diakses dengan menekan Show More," kata Taehee Hwang, perancang UI untuk aplikasi kamera.