'iMessage-nya Google' Bakal Kebagian Fitur Enkripsi

'iMessage-nya Google' Bakal Kebagian Fitur Enkripsi

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 24 Mei 2020 21:00 WIB
RCS Android Messages
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Google tengah menguji sebuah fitur baru di layanan Rich Communication Services (RCS) mereka, yaitu fitur enkripsi end-to-end.

Layanan yang mirip dengan iMessage milik Apple itu saat ini memang belum mempunyai fitur enkripsi, berbeda dengan iMessage yang asli. Namun ke depannya Google bakal memberikan perlindungan tersebut ke dalam RCS, yang membuat layanan tersebut setara dengan WhatsApp, Signal, Telegram, dan lainnya.

Keberadaan fitur baru ini diketahui dari beberapa baris kode di pembaruan yang akan datang. Dalam 12 barus kode itu tersempil shortcut bertuliskan 'e2ee' (end-to-end encryption).

Namun dari barisan kode itu juga diketahui kalau fitur baru ini membutuhkan koneksi internet yang cukup kuat agar bisa berfungsi. Jika koneksi internet sedang tak bagus, maka pesan tersebut akan dikirimkan lewat jalur SMS/MMS.

Namun yang jelas jika pengirimannya dilakukan lewat SMS/MMS, akan ada notifikasi ke pengguna yang memberitahukan kalau pesan mereka akan dikirimkan tanpa enkripsi, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Sabtu (24/5/2020).

RCS adalah pengganti layanan pengiriman pesan lewat SMS miliik Google. Karena pesan dikirimkan lewat jaringan internet, pesannya bisa mencapai 8000 karakter (bukan 160 seperti SMS), dan pengguna pun bisa mengirimkan foto ataupun video berukuran besar.

Lalu di RCS juga punya penanda jika pesan yang dikirimkan sudah terkirim dan sudah dibuka oleh si penerima pesan, juga saat pengguna sedang mengetik pesan. Layaknya layanan pengiriman pesan lain seperti WhatsApp dan lain sebagainya.



Simak Video "Canggih! Android Kini Dirancang Makin Ramah Penyandang Disabilitas"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)