Aplikasi Wisata Siap Hadapi Lonjakan Kunjungan Pasca COVID-19

Aplikasi Wisata Siap Hadapi Lonjakan Kunjungan Pasca COVID-19

Pradito Rida Pertana - detikInet
Senin, 27 Apr 2020 22:30 WIB
Aplikasi Wisata AeroConnect
Aplikasi Wisata Siap Hadapi Lonjakan Kunjungan Pasca COVID-19 (Foto: AeroConnect)
Yogyakarta -

Jika pandemi virus Corona berakhir, pariwisata Indonesia pasti bangkit lagi. Aplikasi wisata disiapkan untuk yang mau liburan ke DI Yogyakarta.

Guna mengantisipasi ledakan kunjungan wisata pasca wabah COVID-19, kolaborasi usaha berbasis di Yogyakarta meluncurkan aplikasi bernama AeroConnect. Aplikasi itu memudahkan wisatawan untuk mengakses transportasi maupun layanan pariwisata di DI Yogyakarta.

Operational and Technical Director AeroConnect, Ardon Ardianto mengatakan, aplikasi tersebut adalah karya asli pemuda Yogyakarta. Di mana untuk pengembangnya adalah kolaborasi antara PT Putra Nusantara Lestari dengan Doku.

"Tidak kami pungkiri saat ini kondisi memang sulit dengan adanya COVID-19, termasuk bidang transportasi dan wisata. Namun kami meyakini setelah COVID-19 ini mereda, transportasi dan pariwisata akan semakin booming," katanya melalui keterangan tertulis, Senin (27/4/2020).


"Karena itu kami meluncurkan aplikasi untuk memudahkan wisatawan dapat mengakses transportasi maupun layanan pariwisata di Yogya," imbuh Ardon.

Secara teknis, Ardon menjelaskan jika aplikasi ini berfungsi untuk pemesanan kendaraan dan layanan pariwisata terpadu melalui kolaborasi dengan sistem pembayaran online. Aplikasi tersebut saat ini sudah dapat digunakan di DI Yogyakarta dan akan segera hadir dalam bentuk kios digital di Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Kabupaten Kulon Progo.

"Selain memesan kendaraan antar dan jemput penumpang, aplikasi ini juga dapat mengakomodir pemesanan VIP service bandara, sewa mobil, pembelian tiket shuttle bandara hingga penyediaan jasa keimigrasian," ucapnya.


Senior Vice President of Business Expansion DOKU, Irfan Burhan menambahkan, pada tahap awal, AeroConnect menyediakan setidaknya 50 armada mobil untuk melayani calon penumpang di wilayah DIY dan sekitarnya. Jumlah ini diharapkan akan terus bertambah seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat Yogyakarta, terutama setelah pandemi COVID-19 berakhir.

AeroConnect sendiri dapat diunduh melalui Apple AppStore maupun Google PlayStore. Selain itu, aplikasi ini pun juga akan menambah armada mobil di Bali dan Lombok untuk melayani kebutuhan masyarakat dan wisatawan domestik maupun mancanegara di sana.

"Sebagai penyedia sistem pembayaran online sekaligus mitra teknologi AeroConnect, kami bangga dapat bertumbuh dan sama-sama memajukan bisnis lokal. Melalui kolaborasi ini tidak hanya pengaturan mobilitas penumpang saja yang dipermudah, namun opsi pembayaran juga beragam," kata Burhan.



Simak Video "Berdasarkan Monitoring, Masyarakat Paling Susah Jaga Jarak"
[Gambas:Video 20detik]
(skm/fay)