Selasa, 14 Jan 2020 20:44 WIB

5 Aplikasi Anak Bangsa yang Lahir dari Apple Developer Academy

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Ari Saputra/detikINET/ Foto: Ari Saputra/detikINET/


Teman Netra

Fungsi utama Teman Netra adalah untuk membantu tuna netra berbelanja dengan lebih mudah dengan bantuan ponsel. Aplikasi ini dikembangkan karena melihat orang-orang dengan penglihatan kurang sempurna yang sulit berbelanja karena banyak produk dengan bentuk kemasan yang berbeda.

Aplikasi ini bekerja dengan membaca teks yang dicetak di kemasan menggunakan optical character recognition (OCR) dan vision framework. Agar kamera bisa menangkap objek dengan lebih optimal, pengguna akan mendapat arahan suara. Teks yang telah dibaca pun akan ditampilkan dalam bentuk suara.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa memindai dan mendeteksi uang tunai yang digunakan saat membayar belanjaan dengan memanfaatkan teknologi machine learning dan object detection. Fitur ini dikembangkan untuk mencegah kaum tuna netra mengalami penipuan saat berbelanja.

5 Aplikasi Anak Bangsa yang Lahir dari Apple Developer AcademyFoto: Virgina Maulita Putri/detikINET



Leastric

Leastric adalah aplikasi dan perangkat untuk mengatur dan memonitor penggunaan listrik di rumah. Aplikasi ini bisa mencatat jumlah energi yang digunakan tiap bulannya beserta tagihan biayanya.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa mendeteksi peralatan rumah tangga mana yang paling banyak mengonsumsi listrik. Fitur ini berguna untuk mencegah listrik yang anjlok tiba-tiba.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa membantu menghemat penggunaan listrik hingga 13% dengan membatasi durasi aktif sebuah peralatan rumah tangga.

5 Aplikasi Anak Bangsa yang Lahir dari Apple Developer AcademyFoto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Selanjutnya
Halaman
1 2 3