Selasa, 14 Jan 2020 20:44 WIB

5 Aplikasi Anak Bangsa yang Lahir dari Apple Developer Academy

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Ari Saputra/detikINET/ Foto: Ari Saputra/detikINET/
Jakarta - Apple Developer Academy baru saja menggelar acara kelulusan untuk 194 developer didikannya pada Selasa (14/1/2020). Di tahun keduanya, para siswa yang mengikuti akademi ini berhasil menciptakan 36 aplikasi.

Di antara semua aplikasi tersebut, lima aplikasi berhasil terpilih untuk melakukan presentasi di depan publik, termasuk di depan Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro. Apa saja lima aplikasi tersebut? Berikut rinciannya:


5 Aplikasi Anak Bangsa yang Lahir dari Apple Developer AcademyFoto: Virgina Maulita Putri/detikINET



Qiroah

Qiroah adalah aplikasi yang dikembangkan untuk belajar membaca Al-Qur'an sesuai tajwid dengan mudah. Aplikasi ini dikembangkan untuk membantu mereka yang ingin membaca Al-Qur'an di mana saja dan kapan saja, tanpa perlu bertatap muka dengan guru ngaji.

Aplikasi ini hadir dengan empat modul untuk memudahkan latihan membaca Al-Qur'an yaitu artikulasi, karakteristik huruf Arab, latihan dan studi kasus. Untuk membantu penggunanya, Qiroah mengandalkan machine learning untuk merespon secara langsung jika pelafalan yang diucapkan sudah benar atau belum.

Untuk mendapatkan data yang dipelajari machine learning tersebut, pengembang Qiroah menggunakan ribuan rekaman dari ahli Qur'an yang tersertifikasi. Bahkan aplikasi ini sudah mendapatkan sertifikasi dari Majelis Ulama Indonesia sebagai alat untuk belajar mengaji dan telah diunduh oleh pengguna dari Amerika Serikat, Inggris, Arab Saudi, Singapura dan Prancis.

5 Aplikasi Anak Bangsa yang Lahir dari Apple Developer AcademyFoto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Selanjutnya
Halaman
1 2 3