Selasa, 28 Mei 2019 07:37 WIB

13 Calon Fitur Baru WhatsApp, Termasuk Kehadiran Iklan

Kris Fathoni W - detikInet
1 Calon Fitur Baru WhatsApp
Halaman 2 dari 2
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

7. Pengaturan privasi grup

Pengguna WhatsApp nanti tak lagi bisa sembarangan diundang masuk grup karena ada pengaturan lebih jauh terkait undangan masuk grup. Pilihan "nobody" akan membuat pengguna akan lebih dulu menerima link undangan dari siapa pun yang mau memasukkannya ke grup.

8. Informasi chat yang sering dijadikan pesan terusan

Adanya label mengenai pesan terusan atau forward chat ini juga menjadi salah satu cara WhatsApp membendung peredaran hoax di platform-nya. Nantinya, sebuah chat yang sering di-forward akan dilabeli "frequently forwarded message".

9. Admin grup batasi chat yang sering dijadikan pesan terusan

Seperti namanya, fitur ini membuat admin sebuah grup dapat membatasi chat yang sudah kelewat sering di-forward. Ini juga menjadi salah satu cara WhatsApp meredam sirkulasi hoax.

10. Katalog WhatsApp business

Di konferensi Facebook F8, diumumkan bahwa WhatsApp akan punya fitur katalog bisnis baru, yang dapat diakses lewat aplikasi WhatsApp business. Dalam acara Facebook Marketing Summit baru-baru ini, diumumkan pula bahwa katalog produk WhatsApp akan diintegrasikan dengan katalog Facebook Business Manager yang sudah ada saat ini.

11. Otentikasi sidik jari dan blok screenshot pada chat

Saat ini otentikasi sidik jari sudah disebar WhatsApp ke iOS dan kini tengah menguji fitur serupa pada Android. Secara bersamaan, WhatsApp juga menguji fitur lain yang bisa memblok pengguna melakukan tangkapan layar (screenshot) saat otentikasi sidik jari aktif.

12. Doodle UI dan emoji baru di status

WhatsApp akan memperkenalkan Doodle UI ke aplikasinya untuk membagikan media. Stiker akan dikelompokkan menurut "favorit" dan "kategori" sehingga pengguna bisa mencari stiker yang diinginkan dengan mudah. Ada pula fitur pencarian stiker. Antarmuka ini juga membuat pengguna bisa menaruh stiker di atas foto, video, dan GIF. WhatsApp juga sedang menguji emoji baru buat bagian status. Emoji itu akan menggantikan emoji yang ada saat ini.

13. Preview stiker di notifikasi

Lewat fitur "Sticker Notification Preview", pengguna WhatsApp nantinya tak mesti lagi membuka layar chat untuk melihat kiriman stiker buat dirinya. Stiker itu juga akan bisa diintip lewat notifikasi sebagaimana halnya pesan teks maupun emoji. Saat ini layar notifikasi akan memperlihatkan tulisan stiker di notifikasi saat mendapat kiriman stiker di chat maupun grup.

(krs/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed