Senin, 15 Apr 2019 11:25 WIB

Cara Cek Nama di DPT Pemilu 2019 via Aplikasi

Kris Fathoni W - detikInet
Foto: Andhika Prasetia/detikcom Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Sudah siap memakai hak pilih di Pemilu 2019? Sebelumnya, lewat aplikasi di smartphone kamu bisa mencari informasi terkait seperti cek nama di DPT Pemilu 2019 atau di TPS mana kamu mesti mencoblos lewat aplikasi.

Hal ini di antaranya bisa kamu lakukan dengan mudah lewat smartphone yang biasa kamu gunakan, dengan cara meng-install aplikasi resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Google Play Store.




Nama aplikasi ini adalah "KPU RI PEMILU 2019", yang juga bisa kamu dapatkan dengan langsung meng-klik tautan berikut ini. Aplikasi ini membutuhkan ruang sekitar 14MB di ponselmu.

Seperti disebutkan dalam keterangan mengenai aplikasi tersebut, ada beberapa informasi yang bisa kamu dapatkan lewat aplikasi ini seperti mengecek data pemilih, info KPU, dan info Pemilu 2019.




"Cek apakah kamu sebagai pemilih pada pemilu 2019!!! Terutama bagi yang pindah domisili, pemilih pemula, atau yang pindah TPS. Kalau kamu ternyata belum terdaftar, segera kirim data diri anda ke email layananpemilih@kpu.go.id," sebut keterangan itu.

Untuk mengecek namamu di Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019, setelah menginstall aplikasi tersebut, yang perlu kamu lakukan hanyalah masuk ke "Cek Pemilih" di halaman depan.

Cara Cek Nama di DPT Pemilu 2019 via AplikasiFoto: dok. Google Play Store

Setelah itu kamu perlu memasukkan nomor KTP dan nama depanmu. Setelah itu, namamu akan muncul jika sudah masuk DPT termasuk informasi mengenai TPS di mana kamu bisa menggunakan hak suara di Pemilu 2019. Jika tidak, akan muncul notifikasi belum terdaftar atau kombinasi NIK dan nama salah.

Cara Cek Nama di DPT Pemilu 2019 via AplikasiFoto: dok. Google Play Store


Simak video DPT Pemilu Hasil Perbaikan Bertambah Jadi 192 Juta Lebih Pemilih:

[Gambas:Video 20detik]

(krs/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed