Eks Timses Jokowi Jadi Dirjen Kominfo

Eks Timses Jokowi Jadi Dirjen Kominfo

Tim - detikInet
Selasa, 10 Agu 2021 13:17 WIB
Menkominfo Johnny G Plate melantik mantan Mantan Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Maruf Amin, Usman Kansong, menjadi Dirjen  Informasi dan Komunikasi Publik (IKP)
Eks Timses Jokowi Jadi Dirjen Kominfo. Foto: Dok Kementerian Kominfo
Jakarta -

Mantan Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Usman Kansong, resmi menjabat sebagai Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate melantik Usman Kansong di Media Center kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (10/8/2021).

Pengangkatan Usman Kansong sebagai Dirjen IKP Kementerian Kominfo tertuang dalam Surat Keputusan Presiden No, 108/TPA/2021 tentang Pengangkatan Pejabat Tinggi Madya di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Tugas terdekat yang harus segera kita bersama lakukan adalah komunikasi publik yang akurat yang tepat dan gaya komunikasi serta narasi sesuai segmentasi komunikasi kelompok masyarakat. Juga pemanfaatan dan penggunaan jaringan komunikasi serta media harus bisa dimanfaatkan secara efektif guna melakukan orkestrasi informasi dan komunikasi yang efektif. Dengan harapan komunikasi ini yang menjadi sahabat dan teman masyarakat di setiap saat," kata Johnny dalam keterangan tertulis dikutip dari situs Kominfo.

Johnny mengatakan peran Ditjen IKP sangat penting di tengah kemajuan teknologi informasi. Ditjen IKP diminta melindungi masyarakat dari hoax.
"Menjadi tugas Ditjen IKP dan Kominfo secara keseluruhan untuk memastikan konter narasi dan penjelasan kepada masyarakat agar masyarakat terlindungi dari infodemi," tutur Johnny.

Pelaksanaan tugas itu, kata Johnny, bisa dilakukan dengan cara koordinasi dan kolaborasi. Apalagi, kata Johnny, hal ini Indonesia sedang dilanda pandemi COVID-19.

Sekedar informasi, Usman Kansong menggantikan Widodo Muktiyo yang saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Menteri bidang Komunikasi dan Media Massa sejak awal Maret ini. Posisi Widodo kemudian dirangkap oleh Sekjen Kominfo Mira Tayyiba.

"Kita juga harus menghadapi infodemi dan inilah yang menjadi arena dan area tugas Direktorat Jenderal IKP Kominfo. Saya percaya Pak Usman sebagai bagian dari lingkungan media dan seorang jurnalis senior Indonesia pasti mampu melaksanakannya dan dengan didukung jaringan media massa dan kanal media," ungkapnya.



Simak Video "Menkominfo Sebut Jumlah Pengguna Internet di RI Capai 202,6 Juta Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)